12 Sekolah SD dan SMP di Kota Manado Terpilih Menjadi Sekolah Percontohan

oleh -728 views

Manado – Dalam pengembangan mutu pendidikan khususnya di kota Manado, maka pada tahun 2019 ini ada 12 Sekolah Model (percontohan) baik SD dan SMP yang terpilih menjadi sekolah model di Kota Manado oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Utara.

Nota kesepahaman memorandum of understanding atau MoU antara LPMP dan Kepala Sekolah serta pihak Dikbud Manado berlangsung di SMP Negeri 7 Manado pada Senin (24/6/2019).

Mewakili Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Utara, Sumardi Igir menyampaikan, ini adalah program dari LPMP dalam penjaminan mutu pendidikan dan diharapkan dilaksanakan setiap satuan pendidikan disekolah. “Saat ini kami akan melaksanakan sosialisasi dan MoU berupa bantuan Pemerintah dalam rangka pengembangan sekolah model tahun 2019 yaitu Rp 20 Juta persekolah,” ujarnya.

Lanjut dia, sekolah model yang dipilih ini adalah sekolah yang sudah dilakukan verifikasi sebelumnya dan sekolah yang telah lolos. “Ada 12 sekolah yang terpilih yakni dari SD dan SMP yang ada di kota Manado,” ungkap dia.

Kata dia, khusus bantuan ini adalah untuk mengfasilitasi pelaksanaan pendampingan sistem penjaminan mutu internal. “Pemenuhan 8 standar nasional pendidikan adalah yang menjadi keharusan seperti standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian pendidikan,” ungkapnya.

Kata dia, yang melaksanakan dan eksekusi kegiatan adalah sekolah dan LPMP hanyalah menyalurkan dana dari APBN melalui Kemendikbud RI dan bantaun ini diperuntulkan untuk menunjang fasilitator, pendanpingan, tim pemetaan mutu dan lain sebagainya. “Ini adalah bantuan Pemerintah yang berfungsi sebagai stimulus dalam semua kegiatan pemgembangan setiap sekolah model,” jelas dia.

Lanjut dia, Sekolah model dijadikan sebagai sekolah percontohan bagi sekolah lain yang akan menerapkan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Sekolah model memiliki tanggungjawab untuk mengimbaskan praktik baik penerapan penjaminan mutu pendidikan kepada lima sekolah di sekitarnya, sekolah yang diimbaskan ini selanjutnya disebut dengan sekolah imbas. “Dalam proses pengisian data dalam pengisiannya benar – benar sesuai dengan data disekolah dan diisi sesuai realitas disekolah,” harapnya.

Lanjut dia, nantinya dari 12 sekolah yang dipilih akan ada 5 sekolah imbas di masing – masing sekolah.

Sementara menurut Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, DRS Jongke Mogonta SPd MSi menyampaikan, sangat bersyukur ada 12 sekolah di kota Manado terpilih dalam sekolah model oleh Kemendikbud RI melalui LPMP Sulut. “Semoga mutu pendidikan akan meningkat khususnya di Kota Manado dengan adanya sekolah model,” jelas dia.

Lanjut dia, 12 sekolah model di Manado yakni 5 SMP dan 7 SD yaitu SMPN 7 Manado, SMPN 3 Manado, SMPN 14 Manado, SMPN 13 Manado, SMPN 8 Manado dan SDN 3 Manado, SDN 11 Manado, SDN 25 Manado, SDN 53 Manado, SDN Malalayang, SD Inpres 03 Manado dan SD Kartika 03 Teling Manado.

Kepala SMP Negeri 7 Manado, Syenny Waworuntu S.Pd mengatakan, apa yamg dipercayakan akan dilaksanakan demi untuk meningkatkan mutu pendidikan. “Semua persyaratan yang diberikan telah kami penuhi dan apa yang menjadi ketentuan kami akan laksanakan sesuai MoU,” ungkapnya.

Lanjut Waworuntu, kegiatan yang berjalan selama dua hari di SMPN 7 Manado berjalan dengan baik dan lancar.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

tenor

One thought on “12 Sekolah SD dan SMP di Kota Manado Terpilih Menjadi Sekolah Percontohan

  1. 223542 882297Oh my goodness! an amazing write-up dude. Numerous thanks Even so My business is experiencing trouble with ur rss . Do not know why Struggle to sign up to it. Can there be every person getting identical rss dilemma? Anyone who knows kindly respond. Thnkx 936080

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.