77 Peserta OSN Geografi di SMKN 1 Manado Praktek Langsung di TKB 45

by

Manado – Usai melakukan ujian praktek teori di hari pertama Selasa (2/7/2019) kemarin di SMK Negeri 1 Manado, Sebanyak 77 orang peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA bidang Geografi dari 34 Provinsi di Indonesia melakukan praktek lapangan di sekitar Taman Kesatuan Bangsa ( TKB ) 45 Manado pada Rabu (3/7/2019) pagi.

Menurut salah satu juri, Muhammad Iqbal menyampaikan, praktek lapangan kali ini di Sulut dilakukan dikawasan perkotaan TKB 45 Manado. “Ya tahun sebelumnya biasanya dilakukan observasi di pinggiran pantai dan sungai ataupun di wilayah buatan lainnya dan tahun ini kami.lakukan berbeda,” jelas dia.

Kata dia, kali ini dicoba untuk melakukan observasi di perkotaan dan memilih pasar 45 karena memiliki sisi story yaitu kawasan pertokoan atau perekonomian yang awalnya ada di kota Manado. “Kami arahkan mereka untuk melihat permasalahan di sekitar kawasan pertokoan dan kemudian potensi-potensi apa yang bisa dikembangkan supaya di situ bisa berkelanjutan dan lebih tertata kemudian menarik juga bagi wisatawan dan dari sisi tata ruang itu juga bagus,” kata dia.

Dijelaskannya, mereka dibagi menjadi 8 kelompok dan untuk masing-masing kelompok dilakukan pengamanan yang dibantu dari Satuan Polisi Pamong Praja untuk menjaga keamanan mereka dan kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.