Divonis Bersalah, Buyung Menanti 19 Kasus Fidusia Lainnya

by
Terdakwa RHB saat mendengarkan Putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Manado yang dibacakan oleh Ketua Majelis Imanuel Barru SH pada Rabu (10/4/2019).

Manado – Terdakwa kasus Fidusia penadah motor kredit milik FIFGROUP Manado, Ricky Hendy Buyung yang telah divonis oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Manado dengan hukuman penjara 1 Tahun 3 Tahun, kini tawarkan 19 kasus lainnya yang akan segera diantarkan ke pengadilan negeri Manado.

Branch Manager FIFGROUP Manado Yohanis Batara Randa menegaskan, kasus yang melibatkan Buyung tidak hanya satu kasus namum masih ada 19 kasus lainnya yang sudah di proses di Polresta Manado dan saat ini sebagian sudah masuk di Kejaksaan Negeri Manado untuk selanjutkan di proses sidang di Pengadilan.

Batara menegaskan, seperti diketahui terdakwa Buyung membeli motor yang masih dalam proses kredit melalui konsumen dengan alasan akan melanjutkan proses kredit motor tersebut, dengan harga murah, namun ternyata motor kredit itu dijual kembali ke orang lain dengan harga yang lebih tinggi dan totalnya 20 unit motor.

“Kita tidak berhenti dalam satu kasus namun masih ada 19 kasus lainnya yang menanti Buyung karena semua motor yang dijual belikan terdakwa memiliki bukti berupa kwitansi penjualan dengan customer, sehingga merugikan pihak perusahaan sebesar Rp. 831.835,370,-,” tegasnya.

Customer FIFGROUP Faisal Patungga, divonis 10 Bulan Penjara oleh Majelis Hakim Imanuel Barru SH di Pengadilan negeri Manado, Rabu (10/4/2019).

“Karena itu kami mengingatkan masyarakat atau customer agar tidak menjualbelikan unit sepeda motor, yang masih proses kredit, agar tidak berakhir seperti kasus Buyung,” tambah Batara Kamis (11/4/2019).

Sebelumnya pada Rabu (10/4/2019) Ketua majelis hakim Imanuel Barru SH menjelaskan, bertindak terdakwa dan menyelesaikan ancaman dalam pasal 36 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 42 tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia Jo pasal 56 ke-1 KUHPidana, Dan diancamkan sebagaimana dimaksud dalam pasal 481 ayat (1) KUHPidana, sehingga terdakwa Ricky Hendy Buyung dinyatakan menang dan di hukum dengan hukuman penjara selama 1 tahun 3 Bulan penjara, dihapus masa pendakian terdakwa mulai diambil, dan terdakwa harus tetap perlu.

Penulis: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.