966 Tempat Ibadah Menerima Bantuan dari Pemkab Minahasa

by

Langowan – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring M.Si, menghadiri Acara Syukuran Pesta Pelindung Paroki dan Pemberkatan Gereja Katolik stasi ST. Yohanes Kaayuran serta Perayaan Penerimaan Sakramen Krisma oleh Uskup di Gereja Katolik Stasi STA. Maria Goretty Teep dirangkaikan dengan Penandatanganan Parasti, pada Minggu (30/9/2019).

Bupati Minahasa menyampaikan puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yesus Kristus, oleh tuntunan dan kasihNya kita semua boleh di pertemukan, pada acara pengtahbisan 2 gereja berturut-turut oleh yang mulia Uskup, dari Gereja Katolik Stasi ST. Maria Goretty Teep kemudian pindah ke Gereja Katolik Stasi Santo Yohanes Pembaptis. “Kami selaku pemerintah Kabupaten Minahasa dan pribadi saya beserta Keluarga Roring Lumanauw juga Wakil Bupati keluarga Dondokambey Lengkong, dan seluruh perangkat menyampaikan banyak selamat, kepada umat Katolik di wilayah Teep dan Kaayuran, Atas pengtahbisan paroki.Selaku pemerintah, baik Pemerintah Provinsi maupun kabupaten Minahasa,” ujar Bupati ROR.

Dikatakan, pihaknya tetap berkomitmen untuk membantu dan menopang pembangunan” rumah ibadah, di kabupaten Minahasa ada 924 rumah ibadah yang termasuk didalamnya ada 33 Masjid, 7 Mushollah 1 Vihara dan 1 tempat ibadah umat Hindu. “Jadi sisanya Gereja – Gereja GMIM umat Kristiani baik KGPM maupun Protestan, dan tahun yang lalu oleh pak Gubernur Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten Minahasa, sudah berusaha menopang lebih dari 30% yang sudah bantu, begitu juga Pemerintah Kabupaten Minahasa, kalo tidak salah sudah 165 Rumah ibadah yang sudah di bantu, tapi untuk tahun ini ada sedikit menurun tapi semoga tahun depan akan di tingkatkan lagi, termasuk stasi – stasi dan Paroko-Paroki umat Katolik yang ada di Minahasa,” ucap Bupati. “Kedepan nanti dalam penyusunan APBD yang sementara disusun untuk APBD tahun 2020, kami mohon arahan dari Pak Uskup, kira-kira kegiatan apa saja yang bisa di topang oleh pemerintah kabupaten Minahasa, dan kami berkomitmen bersama pak Gubernur akan akan meminta usulan-usulan dari pimpinan umat ketika penyusunan APBD, demikian pula Kabupaten Minahasa dalam waktu dekat ini akan mengfinalisasi penyusunan APBD Perubahan untuk APBD 2020,” tambah Bupati.

Atas nama pemerintah Kabupaten Minahasa mengucapkan selamat kepada masyarakat dengan di tahbiskannya stasi dan paroki di wilayah teep dan kaayuran Kiranya Tuhan Memberkati Kita Sekalian, dan marilah kita tetap bersama sama mendoakan dan menopang pemerintah kabupaten minahasa untuk tetap betul betul memberi diri melayani umat dan bisa menjadikan saluran berkat untuk rakyat Minahasa.

Dilanjutkan dengan Penandatanganan Prasasti Gereja Katolik Stasi STA. Maria Goretty Teep, Paroki ST Petrus Langowan, dan Gereja Katolik Stasi ST Yohanes Kaayuran Atas, Paroki ST Petrus Langowan, dalam kesempatan ini bupati juga diajak untuk melihat lihat gedung Gereja yang baru di resmikan itu.

Turut Hadir Yang Mulia Uskup Manado Uskup Benediktus Estephanus Roly Untu, M.Sc, Pastor Vikep Tondano Mitra, Pastor Leksi Nangoy,PR, Pastor Noldy Karamoy, DPP Paroki ST Petrus Langowan dan ST Lukas Ratahan, Peter Vion OCD (Biara Kiawa), Pembimas Katolik Kanwil Sulut Dra Joula Makataung, MM, Para Biarawan-Biarawati, Kadis Perhubungan, Ir Hengky Kaunang,

Hadir juga mewakili Komandan Lantamal VIII Manado Kolonel Arnold (Asisten Intel), Camat Langowan Selatan Dolfie Tumangkeng,SE, Kapolsek Rural Langowan Raya, Iptu Ferdi Suluh, Hukum Tua Desa Kaayuran Atas Ibu Cherly Kembuan, beserta Perangkat desa dan Tamu Undangan

Penulis: Roni Sepang
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.