Ada 277 Warga Filipina di Sulut Resmi Masuk WNI

oleh -976 views
Penyerahan SK Kewarganegaraan dari Menkumham kepada ratusan warga Filipina di Manado.

Manado – Sebanyak 277 dari 499 warga yang mengajukan permohonan penegasan status kewarganegaraan dari warga asal Filipina yang sudah bermukim selama puluhan tahun di Kota Bitung, kini telah resmi diterima sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yasonna H Laoly didampingi Gubernur Sulut, Olly Dondokambey usai membuka iven Christmas Festival 2018 di Kawasan Pohon Kasih Megamas, Sabtu (1/12/2018) malam, secara langsung menyerahkan SK Kewarganegaraan dari Menkumham kepada mereka. “Konstitusi kita menganut prinsip pemberian perlindungan maksimal bagi segenap bangsa antara lain melalui pasal 28 E ayat 4 UUD 45 dimana setiap orang berhak atas status kewarga negaraan,” ungkapnya.

Laoly mengatakan, apa yang dilakukan itu adalah proses awal memberikan kepastian kewarganegaraan bagi warga tanpa dokumen asal Filipina di Sulut. Hal itu juga wujud dari kehadiran negara untuk warganya. “Ini adalah suatu proses yang panjang di mana sudah bertahun-tahun dilakukan pembahasan masalah warga Sangihe Filipina tanpa dokumen yang tinggal di Sulut yaitu semenjak masih Presiden Megawati,” jelas dia.

Lanjut Menteri, warga tanpa dokumen asal Filipina yang diberikan status kewarganegaraannya sebagai WNI sudah bisa mengurus KTP. Haknya sebagai warga negara wajib didapat baik kartu sehat, pintar dan lainnya serta sudah bisa memilih dalam pemilihan umum tahun depan.

Salah satu warga Filipina yang sudah disahkan menjadi warga Indonesia, Andreo Sadaha mengungkapkan, dirinya sudah berada di Kota Bitung sejak 10 tahun lalu dan sudah menikah dengan warga Indonesia asal Gorontalo. Bahkan sudah dikaruniai anak. “Saya senang sekali sudah masuk warga Indonesia dan kita masuk Indonesia karena mencari uang bekerja sebagai nelayan,” kata dia.

Sadaha mengatakan, dirinya waktu lalu tidak memiliki dokumen apapun sebagai warga negara sehingga bekerja sebagai nelayan selalui dihantui ketakutam jika ada pemeriksaan oleh petugas.

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.