Agar Sekolah Pengelola BOS Terhindar Persoalan Hukum

oleh -1.291 views
Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Dana BOS kepada para kepala sekolah di wilayah Kota Manado, Minahasa Utara dan Kota Bitung yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Airmadidi.

Airmadidi – Sudah banyak catatan sekolah-sekolah pengelola dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terjerat masalah hukum. Penyebabnya, penyalahgunaan dana itu ataupun kesalahan dalam pengelolaannya. Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut tentu tak ingin hal itu terjadi, berbagai upaya dilakukan agar sekolah-sekolah mengelola dana BOS dengan benar.
Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui Tim Manajemen BOS yang dipimpin Melky Turang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Dana BOS kepada para kepala sekolah di wilayah Kota Manado, Minahasa Utara dan Kota Bitung yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Airmadidi Minut selama dua hari mulai Kamis (26/07/2018).
Kepala Dinas Dikda Sulut, dr Grace Punuh melalui Melky Turang menyampaikan, Bimtek Pengelolaan Dana BOS dilakukan agar memberikan penguatan kapasitas terkait bantuan dana BOS di sekolah – sekolah tersebut. “Kami melakukan ini agar kepala sekolah dan bendahara juga bisa mampu mengelola dana BOS sesuai peruntukkan dan peraturan yang berlaku,” ungkap Melky.
Dia mengatakan, dalam penggunaan dana BOS juga harus sesuai dengan juknis yang ada juga dalam delapan standart nasional pendidikan. “Dalam Bimtek Pengelolaan Dana BOS sudah kami lakukan hampir ke semua kepala sekolah SMA dan SMK. Targetnya memang seluruh kepala sekolah,” ujar Melky.
Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Airmadidi, Weddy Onibala SPd MM mengatakan, dana BOS di sekolahnya dipergunakan sesuai dengan peruntukkan yang telah ditetapkan. “Kami mengelola dana BOS sesuai dengan aturan yang ditetapkan dan tidak pernah menyalahgunakan,” jelas Onibala sambil menambahkan, dalam penggunaan dana BOS juga diperiksa dengan ketat oleh inspektorat maupun BPK.

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

One thought on “Agar Sekolah Pengelola BOS Terhindar Persoalan Hukum

  1. 897926 110928Overall, politicians are split on the concern of whether Twitter is far more for business or individual use. The first thing may be the fact that you can build up quite a large following of men and women. 689707

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.