Akhirnya Mendikbud Tutup OSN SMA Ke-18 di Manado

by

Manado – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menjadi lokasi ivent Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-18 tingkat SMA 2019 yang digelar sejak Tanggal 30 Juni – 6 Juli 2019.

OSN SMA ke-18 Tahun 2019 Senin (1/7/2019) kemarin telah dibuka  Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE yang didampingi Sekjend Kemendikbud, Didik Suhardi di GKIC Novotel Manado. Pada penutupan Jumat (5/7/2019) pagi di Gedung Mapalus Kantor Gubernur akhirnya dihadiri langsung Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy yang didampingi Sekretaris Provinsi, Edwin Silangen.

OSN SMA di Sulut berlangsung di 3 Kabupaten Kota yang tersebar di 9 Sekolah yakni Manado Independent School (bidang matematika dan astronomi), SMAN 9 Manado (bidang fisika), SMAN 1 Manado (bidang kimia), SMA Katolik Rex Mundi Manado (bidang informatika), SMA Kristen Eben Haezar Manado (bidang biologi),
SMKN 2 Manado (bidang ekonomi), SMA St. Nikolaus Lokon Tomohon (bidang kebumian), dan SMKN 1 Manado (bidang geografi).

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy dalam sambutan penutupan kegiatan OSN SMA tersebut menyampaikan, kalian semua adalah juara karena hadir mengikuti OSN adalah para pilihan terbaik dari Daerah masing – masing. “Yang belum mendapatkan medali kali ini adalah prestasi yang tertunda dan bisa direbut kembali pada tahun yang akan datang,” jelas Mendikbud.

Lanjut Mendikbud, saya yakin kalian adalah para calon ilmuan muda yang akan membangun dan mengembangkan Indonesia agar lebih baik dan maju kedepan terutama dibidang sains yang sejajar dengan negara lain. “Anda yang akan menentukan apakah Indonesia ini akan menjadi lebih maju dan besar maka kerja keraslah terus,” Harap Mendikbud Muhadjir Effendy.

Gubernur yang diwakiki Sekretaris Provinsi Sulut, Edwin Silangen mengatakan, Sangat menyambut baik kegiatan OSN SMA di Sulut, apalagi telah menjadi tuan rumah. “Kami bersyukur Kemendikbud bisa memilih Sulut sebagi tuan rumah iven bergengsi dibidang sains tingkat SMA ini,” kata Silangen.

Lanjut dia, mulai dari pembukaan hingga penutupan Pemerintah Provinsi Sulut terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada para peserta.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah  (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes mengatakan, OSN Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun 2019 di Sulut diikuti 685 peserta dari 34 Provinsi di Indonesia dan sampai hari terakhir telah sukses digelar. “Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah merupakan siswa – siswi terpilih yang telah mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Olimpiade Sains Provinsi (OSP) yang dilaksanakan pada 9-11 April 2019 lalu,” jelas Punuh.

Lanjut Punuh, para siswa juga disuguhkan dengan kunjungan wisata alam, sejarah dan budaya di Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon. “OSN sebagai sebuah ajang unjuk prestasi, OSN berkembang menjadi arena pemilihan kandidat-kandidat terbaik Indonesia untuk mengikuti ajang olimpiade sains tingkat internasional yang secara konsisten diikuti oleh Indonesia hingga saat ini.” kata Punuh.

Kata dia, penyelenggaraan OSN tahun ini di Sulut selain meningkatkan mutu pendidikan juga meningkatkan perekonomian daerah.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.