Aksi Mahasiswa Sulteng di Tondano untuk Palu dan Donggala

by
Puluhan mahasiswa asal Sulawesi Tengah mulai dari Palu, Poso, Morowali, Buol, Luwuk dan Banggai berkumpul untuk menggalang dana bagi korban gempa dan tsunami.

Tondano – Berdasarkan data terbaru dari BMKG, sudah ada 1000-an orang yang tewas akibat gempa berkekuatan 7,4 magnitudo yang Tsunami di Palu pada Jumat 28 September 2018 silam. Sementara, ribuan orang diperkirakan masih hilang akibat gempa dan tsunami tersebut.

Ini adalah gempa terkuat kedua yang terjadi di Indonesia setelah Gempa Aceh pada tahun 2004 lalu. Selain itu, gempa akibat sesar Palu Koro ini juga menimbulkan fenomena likuifaksi yang membuat ratusan rumah terkubur lumpur.

Menyikapi kondisi pasca bencana, puluhan mahasiswa asal Sulawesi Tengah mulai dari Palu, Poso, Morowali, Buol, Luwuk dan Banggai berkumpul untuk menggalang dana bagi korban gempa dan tsunami di sana.

Aksi galang dana ini dimulai dari bundaran Tataaran II kemudian ke patung God Bless Minahasa di Tondano dan berlanjut ke Manara Alfa Omega di Tomohon.aksi kemanusiaan ini diikuti beberapa rukun dari Sulteng seperti Kerukunan Mahasiswa Kristen Sulawesi Tengah (KMKSTT), Kerukunan Generasi Muda Poso Morowali (KGMPM), Montolutusan Mahasiswa dan Pelajar Banggai (MMPB). “Harapan saya dengan aksi galang dana ini adalah untuk membantu saudara-saudari kami yang ada di Palu, Donggala dan juga Sigi. Dan kami berharap agar dana yang terkumpul nantinya bisa tersalurkan dengan baik,” kata Opsan Priyono Galenso, salah satu perwakilan dari KMKSTT.

Obsan juga menyebutkan ada beberapa saudara-saudarinya yang ada di Palu dan belum terdengar kabarnya sekarang ini. Karena itu, ia berharap aksi galang dana ini bisa sangat bermanfaat untuk korban gempa. “Saudara-saudari saya yang ada di Palu dan di Donggala agar bisa menerima bantuan kami,” lanjutnya.

Begitu juga dengan Indriani Salaman, mahasiswa asal Banggai Kepulauan. Ia berharap bisa membantu korban bencana yang ada di Palu dengan cara berkontribusi dalam penggalangan dana tersebut. “Semoga bisa berkontribusi dan nantinya penggalangan dana ini meskipun sedikit tapi mudah-mudahan dapat membantu saudara-saudari kita yang sedang terkena musibah di Sulteng,” tutur Salaman.

Nantinya dana yang terkumpul akan dibawah langsung oleh beberapa perwakilan dari beberapa organisasi tersebut.

 

Penulis: Wirno Bungkul

Leave a Reply

Your email address will not be published.