Almas Buka Bimtek Aplikasi E-Raport Penilaian K-13

by
Kabid SD Dikbud Manado Trina Almas M.Si (Tengah) foto bersama guru yang ikut Bimtek E-Report.

Manado – SD Negeri 47 menjadi tempat kegiatan bimbingan Teknis Aplikasi E-Raport Penilaian K-13 yang diikuti para Kepala Sekolah fan Oprator dari 15 Sekolah Dasar (SD) di kota Manado pada Rabu (7/8/2019).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kota Manado yang diwakili Kepala Bidang SD, Triana Almas M.Si membuka kegiatan tersebut.

Triana Almas mengatakan,  maksud dan tujuan kegiatan ini yaitu memberikan wawasan dan pengetahuan bagaimana mengsingkronkan E- Raport dan Dapodik Sekolah dengan mengisi data yang diminta melalui Aplikasi E- Raport. “Dalam mengisi Aplikasi E – Raport ini diawali dengan  data sekolah, guru, dimana tugas guru sebagai wali kelas dilengkapi dengan  KKM Mata Pelajaran, KKM Satuan Pendidikan, KKM KD, absen Siswa dan Penilaian Permata pelajaran melalui Aspek Sikap,” ungkapnya.

Kata Kabid Triana, ketrampilan dan Pengetahuan setiap siswa dan setiap data yang telah dimasukkan oleh setiap guru kelas ini, langsung dikirim sesuai dengan hasil yang dilakukan setiap guru baik guru kelas maupun  guru mata pelajaran. “Hasil kegiatan bimtek ini terlebih dahulu Kepsek menginformasikan kepada guru di masing – masing satuan pendidikan dan nanti selanjutnya di sosialisasikan ke semua satuan pendidikan di kota manado,” ungkapnya.

Dijelaskannya, 15 SD yang terpilih pada kegiatan ini nantinya akan menginformasikan ke gugus bersama dengan pengawas agar semua sekolah mulai memasukkan data sehingga nanti pada semester 1 ini semua sekolah sudah menggunakan Aplikasi E Raport. “Guru – guru yang akan menggunakan Aplikasi ini diharuskan memiliki Laptop karena pada saat melakukan pembelajaran akan langsung penilaian melalui Aplikasi ini,” katanya.

Dia menambahkan, sangat mengapresiasi kegiatan bimtek ini karena selain membantu para guru – guru dan sekolah mengakses data, ini juga dapat meningkatkan kompetensi guru dan melatih para guru untuk mampu menggunakan TIK.

Sementara melalui Kepala SD Negeri 12 Manado, Jouke Lendo S.Pd mengatakan, sebagai peserta tentunya dampaknya sangat baik dimana para guru akan terbantu dengan adanya aplikasi tersebut,” cetusnya.

Dia mengatakan, nantinya data guru, data siswa dan data mata pelajaran serta data lainnya sudah tersedia pada aplikasi ini dan akan memberikan kemudahkan bagi para guru dengan memberikan penilaian pada setiap kegiatan dan penilaian terhadap siswa tinggal memasukkan nilai
“Saya sebagai kepala sekolah tentunya sangat bersyukur dan berterima kasih di awal kegiatan sosialisasi sekolah kami masuk,” ungkapnya.

Kata Lendo, tugasnya sebagai kepsek akan memberikan IHT kepada guru – guru bagaimana mereka akan mengisi hasil penilaian yang mereka lakukan pada semester, lalu untuk menginput pada aplikasi ini “Ketika sekolah sudah membuat pelaporan kegiatan sekolah melalui aplikasi ini sangat membantu pihak sekolah dan guru mengakses semua data sekolah dan kegiatan sekolah sampai pada penilaian hasil belajar siswa terdata di aplikasi ini,” katanya.

Pada kegiatan tersebut hadir juga dari LPMP, Jerry Makaraung MPd

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.