Antisipasi Pengamanan Pemilu 2019, Kapolda Sulut ‘Karantina’ Personil

oleh -289 views
Kapolda Bersama PJU, Gubernur Sulut, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kasdam, Danlantamal, dan personil Polda.

Manado – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) mengkarantina ratusan personil untuk memantapkan pengamanan Pemilu pada 17 April 2019 mendatang.

Dalam proses proses ‘karantina’ tersebut, Kapolda Sulut Irjen Pol Dr Sigid Tri Hardjanto, SH, MSi memberikan pembekalan terhadap ratusan personil agar pelaksanaan Pemilu 17 April mendatang bisa berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Pembekalan personil Polda Sulut dan jajaran diadakan di ruang Lotuz Sintesa Peninsula Hotel pada Senin (4/2/2019) dan dibuka oleh Kapolda dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Pembekalan personil Polda Sulut dan jajaran diikuti oleh 900 personil Polri yang terdiri dari para PJU, para Kapolres/Kapolresta, para Kapolsek, para Kabag, Kasat dan 690 anggota Bhabinkamtibmas se-Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya Kapolda mengatakan, kegiatan itu merupakan sarana sosialisasi kesiapan atas tanggungjawab guna menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran demi suksesnya penyelenggaraan pemilu tahun 2019. Khususnya di wilayah Sulawesi Utara sehingga tugas bisa dilaksanakan dan dapat memenuhi harapan masyarakat.

“Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri, berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi pileg dan pilpres tahun 2019,” tegas Kapolda.

Menurut Sigit, Polda Sulut harus melakukan manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif, dengan mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan Penyelenggara Pemilu, TNI, masyarakat dan mitra keamanan.

Kapolda menjelaskan, untuk mengantisipasi berbagai potensi kerawanan yang dapat terjadi pada setiap tahapan Pileg dan Pilpres tahun 2019 serta dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas tetap kondusif, Polri harus dapat sikapi dengan kematangan berpikir serta bertindak dengan penuh kedewasaan dalam menghadapi setiap tahapan supaya dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Menurutnya, personel Polri dan semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Pileg dan Pilpres tahun 2019 dapat turut serta berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan dan memelihara kondusifitas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Sulut ini.

“Polri tidak mungkin bekerja sendiri dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2019 ini karena itu perlu ada dukungan dan kesiapan yang baik,” tegasnya.

Kapolda juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada, kepada para Komandan Satuan TNI yang mendukung dan membantu melaksanakan pengamanan pileg dan pilpres tahun 2019 nanti.

Hadir dalam acara pembukaan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wakapolda Sulut, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kesbangpol, Wakajati, perwakilan Bakamla dan perwakilan Lantamal.

Penulis: Ishak Kusrant

tenor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.