Aqua Airmadidi Jadikan Tumaluntung Sebagai Pusat Belajar Pertanian Organik

by

Airmadidi – PT Tirta Investama (Aqua) Airmadidi terus membangun Desa Tumaluntung sebagai Ikon Kabupaten Minahasa Utara untuk pusat belajar Pertanian Organik dan pengelolaan limbah ternak menjadi Biogas.

Konsep menjadikan Tumaluntung sebagai Desa Pertanian organik masyarakat Minut secara luas, dan praktek energy terbaharukan dengan memanfaatkan sisa buangan ternak menjadi biogas bagi kebutuhan gas, dan penerangan masyarakat sekitar. Ini merupakan ide cetusan PT.Tirta Investama untuk lingkungan hidup, serta merupakan bentuk kepedulian perusahaan dalam membantu masyarakat dalam mengembangkan potensi lokal.

Implementasi program tahun 2019 ini AQUA Airmadidi menggandeng LSM Manengkel Solidaritas dengan pendekatan lebih kepada kolaborasi erat bersama pemerintah Desa Tumaluntung, dan kelompok masyarakat serta pegiat lingkungan yang tergabung dalam komunitas Relawan Konservasi Sulut.

Kepala Pabrik PT Tirta Investama Aqua Airmadidi, Obrin Sualang menyampaikan bahwa program pengolahan limbah ternak menjadi biogas pengganti elpiji bagi masyarakat Tumaluntung, dan pengembangan pertanian organik, untuk mewujudkan Tumaluntung sebagai Desa percontohan yang berhasil di bidang lingkungan hidup.

Kata Obrin, Aqua Airmadidi melalui program CSR ini juga membantu kelompok tani mengembangkan hasil-hasil pertanian organic masyarakat Tumaluntung agar memenuhi standart kesehatan dan bisa diterima masyarakat luas. “Strateginya adalah melalui promosi dan konsep pemasaran online yang sedang dipersiapkan dan akan diimplementasi tahun 2020, agar pendapatan ekonomi kelompok tani Tumaluntung bisa meningkat,” jelas Sualang.

Lanjutnya, program ini merupakan bentuk komitmen perusahaan yang bersifat jangka panjang untuk membangun kualitas kehidupan masyarakat di sekitar pabrik agar lebih baik dan sejahtera, sehingga bukan hanya PT Tirta Investama Aqua Airmadidi yang semakin maju namun masyarakat sekitar juga turut berkembang secara harmonis sesuai harapan perusahaan.

Sementara itu, Ifonda Tamengkel Kepala Desa Tumaluntung sangat bersyukur atas kepedulian pihak perusahaan dalam hal ini Aqua Airmadidi terhadap kesejahteraan masyarakat Tumaluntung. “Program ini selaras dengan rencana pembangunan desa dan sebagai strategi keberlanjutan, pihak Pemerintah akan memasukan program ini menjadi bagian dari Badan Usaha Milik Desa agar bersifat jangka panjang dan menjadi andalan program Desa kedepan,” kata dia.

Menurut Sella Runtulalo Ketua Umum LSM Manengkel Solidaritas, sejak 2019 ini Manengkel ditunjuk oleh PT Tirta Investama Aqua Airmadidi melanjutkan program pendampingan masyarakat Tumaluntung.

“Program community development berupa pengembangan beberapa program lingkungan, seperti program pengelolaan limbah ternak, yakni Biogas asal ternak milik masyarakat, dimana Biogas yang dihasilkan sebagai sumber energy pengganti elpiji membantu masyarakat Tumaluntung tidak lagi tergantung pada kelangkaan gas elpiji dan bisa menghemat anggaran belanja gas elpiji,” jelas dia.

Selain itu kata Stella, dipastikan Biogas ini mampu mencegah gas CH4 ke atmosfer karena tidak mengeluarkan asap dan sangat ramah lingkungan. “Dalam 3 tahun ke depan bersama PT TIV Airmadidi, pemerintah lokal, dan masyarakat, kami akan membantu mewujudkan visi Tumaluntung sebagai pusat pertanian dan pusat belajar tanaman organic. Dan ini adalah visi besar kami agar Tumaluntung menjadi ikon Kabupaten Minahasa Utara sebagai pusat pembelajaran lingkungan hidup 3 program tadi,” harapnya

Dia menambahkan, Mimpi besar ini hanya akan bisa diwujudkan jika didukung penuh dari semua pihak terkait.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.