Bawaslu Manado Teliti Indeks Kerawanan Pemilu

by
Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hub. Antar Lembaga, Bawaslu Manado, Taufik Bilfaqih.

Manado – Sejumlah langkah diambil Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Manado setelah dilantik beberapa waktu lalu. Selain mengajak masyarakat berpartisipasi daam Pemilu 2019, Bawaslu Manado juga tengah meneliti Indeks Kerawanan Pemilu.

“Bawaslu Manado mengajak masyarakat berpartisipasi dalam mengawasi proses tahapan Pemilu 2019. Mulai dari penetapan DPT oleh KPU, kampanye di luar jadwal, hingga mengontrol kinerja pengawas dari tingkat kelurahan, kecamatan bahkan Bawaslu Kota Manado,” ungkap Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Taufik Bilfaqih, Minggu (26/08/2018).

Taufik mengatakan, peran serta dan partisipasi masyarakat dalam mengawal setiap tahapan dalam Pemilu 2019 ikut menentukan kualitas Pemilu itu. “Selain penyelenggara, dan kontestan, maka peran masyarakat sangat penting untuk menciptakan Pemilu yang berkualitas,” ujar mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini.

Terkait peta dan potensi kerawanan dalam Pemilu 2019 mendatang, Taufik mengatakan, saat ini Bawaslu Manado sedang melakukan penelitian terkait indeks kerawanan pemilu. “Sedangkan secara internal, kami melakukan monitoring kinerja Panwascam dan kelurahan terkait kerja pengawasan di lokasi masing-masing,” pungkas mantan Ketua Lesbumi NU Sulut ini.

 

Penulis: Yoseph E Ikanubun

Leave a Reply

Your email address will not be published.