Bawaslu Minahasa Selidiki Dugaan Kampanye di Kampus Unima

by
Seorang mahasiswi memegang souvenir dari salah satu calon anggota DPR RI di kampus Unima.

Minahasa – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa menyelidiki salah satu calon anggota DPR RI dari Partai Nasdem yang diduga melakukan kampanye di kampus Universitas Negeri Manado (Unima) pada Selasa (29/01/2019).

Anggota Bawaslu Minahasa, Donny Rumagit mengatakan, saat ini kasusnya sudah ditangani oleh Tim Gakumdu dan akan ditangani sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Rumagit menjelaskan, laporan yang masuk ke Bawaslu berasal dari unsur masyarakat dan pihak Bawaslu akan menangani berdasarkan prosedur penanganan pelanggaran pemilu.

Menurut dia, sudah ada beberapa saksi yang diperiksa untuk dimintai klarifikasi terkait dengan laporan masyarakat tersebut.

“Kasus ini merupakan dugaan pelanggaran kampanye menggunakan fasilitas tempat pendidikan seperti diatur dalam UU 7 tahun 2017 tentang Pemilu pasal 280 ayat 1 huruf h,” tegas Rumagit, Rabu (30/01/2019) kepada kabarManado.com.

Rumagit menambahkan, ancamannya apabila terbukti melakukan pelanggaran yaitu 2 tahun penjara dan denda Rp 24 juta seperti diatur dlm pasal 521 UU No 7 tentang Pemilu.

Seperti diketahui, salah satu calon anggota DPR RI dari Partai Nasdem dilaporkan oleh masyarakat karena diduga menggunakan fasilitas kampus untuk melakukan kampaye dengan membagikan souvenir yang terdapat gambar dan nama calon legislatif tersebut.

Penulis: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.