Bencana Longsor dan Banjir di Manado, 3 Warga Tewas

by
Proses evakuasi korban bencana tanah longsor di Kecamatan Tikala.

Manado – Hujan deras yang mengguyur Kota Manado dan sekitarnya sejak, Jumat (01/02/2019) subuh, membuat ibukota Provinsi Sulut ini dikepung banjir dan juga tanah longsor di beberapa titik.

Sekretaris Daerah Sulut, Edwin Silangen mengatakan, Pemprov Sulut bergerak cepat yaitu telah menyalurkan perlengkapan penanggulangan bencana yang dimiliki sejumlah instansi terkait.

“Sekarang pemprov dan tim SKPD bergerak membantu pada masyarakat yang mengungsi untuk menyediakan perlengkapan bencana baik tenda, dapur umum maupun makanan yang siap saji disalurkan kesejumlah titik posko pengunsi,” ungkapnya.

Silangen mengatakan, dalam bencana banjir dan tanah longsor kali ini, ada 3 korban jiwa.

“Dari laporan ada dua yang meninggal karena longsor,dan satu terseret arus. Kami sekarang langsung membantu masyarakat yang juga berduka,” jelasnya.

Dua warga yang tewas akibat longsor adalah Natalia Lapian (1) dan John Juarmas (45). Sedangkan korban yang terseret arus adalah Richard Patabone (5).

Selain itu, menurut Silangen, kesehatan masyarakat korban bencana banjir dan longsor juga diperhatikan dengan menyiapkan Posko Kesehatan.

“Dinas Kesehatan sudah membuka Posko Kesehatan yang buka 1×24 jam dan sudah disiapkan obat-obatan yang diperlukan,” ungkap Silangen.

Lebih lanjut, Silangen mengimbau kepada masyarakat untuk terus waspada karena berdasarkan data peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulut, curah hujan tinggi masih berlangsung hingga pukul 20.00 Wita.

“Kami mengimbau masyarakat agar menghindari daerah aliran sungai dan daerah rawan longsor,” pesan Silangen.

Lanjut dia, bagi masyarakat Sulut yang membutuhkan informasi bencana dapat menghubungi Kepala BPBD Joi Oroh 081355526955, Kepala Biro Protokol dan Humas Dantje Lantang 08124193636 dan Kabag Humas Christian Iroth 081244531119.

Penulis:Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.