Bersama Menkes, Pemprov Ikuti Rakor Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Secara Virtual

oleh -101 views


Manado – Kabarmanado.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Asisten I Setda Provinsi Sulut Edison Humiang dan Satgas Covid-19 Sulut Dokter Steven Dandel mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Monitoring Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 secara virtual di Command Center, kantor Gubernur, Selasa (02-02-2021).

Rakor ini merupakan kegiatan yang digelar setiap minggunya, dalam rangka melakukan pengawasan terhadap jalannya proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Dalam rakor tersebut Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa masih terdapat 20 kabupaten / kota dengan sejumlah tenaga kesehatan (nakes) belum dilakukan vaksinasi dosis pertama.

“Untuk mengejar target 1,48 juta Tenaga kesehatan selesai divaksin dosis pertama per 10 Februari 2021, maka perlu diadakan kegiatan vaksinasi di luar kegiatan rutin fasilitas kesehatan. Hal ini untuk mengejar sisa target seefektif dan cipta mungkin,” kata Menkes Budi.

Selain itu, masih terdapat 186 kabupaten / kota yang capaian vaksinasinya masih nol (0). Oleh ” Menkes Budi meminta kepada para kepala daerah untuk memulai program vaksinasi.

Menkes Budi memaparkan Strategi Akselerasi Cakupan Vaksinasi, melakukan pelaksanaan vaksinasi massal dengan dukungan lintas sektor.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan vaksinasi massal, antara lain:
1. Rantai dingin vaksin, kualitas vaksin yang terjaga baik,
2. Posko, siapkan ruang pojok resusitasi dan peralatan medis menunjang seperti ambulan yang siap sedia untuk melihat bila ada kasus gawat darurat , dan libatkan komda / pokja kipi,
3. Dapat dilakukan pada daerah padat penduduk maupun daerah sulit atau terpencil,
4. Dukungan lintas sektor untuk sosialisasi persiapan gedung dan pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan ini diikuti secara virtual oleh seluruh Forkopimda, Gubernur, Bupati, serta Walikota se-Indonesia.(Kifli).

tenor

No More Posts Available.

No more pages to load.