Besok HPI Lakukan Penyelamatan Area Resapan Air Dengan Tanam Pohon Di Kaki Dian Klabat Minut

by

Minut РSekitar 100 anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) di Sulawesi Utara dan Manguni Bikers Indonesia dan beberapa relawan internasional melakukan penanaman  pohon di Kaki Dian Gunung Klabat hasil kerjasama bersama LSM Manengkel Solidaritas yang didukung penuh oleh pihak PT.Tirta Investama Airmadidi dan PD Klabat sebagai pemegang otoritas Kaki Dian.

Fenly Derek koordinator Kehati Manengkel solidaritas mengatakan,
Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian HPI dan Manguni Bikers Indonesia terhadap pelestarian Kaki Dian dimana dari sisi para pemandu wisata, dengan semakin berkembangnya sector wisata Sulawesi Utara, perlu ketersediaan objek-objek wisata yang memiliki kualitas baik yang kealamiahan, dan keunikan khususnya tetap terjaga hingga menarik untuk dinikmati para wisatawan dan sulit ditemukan ditempat lain.

” Jenis pohon yang ditanam berupa Matoa dan Gamalina. Pemilihan jenis pohon ini adalah untuk meningkatkan indeks keragaman pohon yang ada di Kaki Dian dimana makin tinggi tingkat keragaman jenis pohon akan berbanding lurus dengan kelimpahan jenis spesies di Kaki Dian, hal ini berimbas langsung pada tingkat kunjungan nanti,” ungkap Derek.

Kata Derek, Upaya menanam pohon ini selain meningkatkan keragaman di Kaki Dian, juga untuk menjaga area resapan air dari ancaman degradasi.

Lanjutnya, Air hujan jatuh ke permukaan bumi, mestinya sebagian akan masuk ke dalam tanah, sebagian menjadi aliran permukaan, yang sebagian besar masuk ke sungai dan akhirnya bermuara di laut. Harusnya seperti itu.

” Pohon bisa menjadi salah satu wadah penahan dan meresapkan air ke tanah dan kami memperjuangkan itu dan akan jadi program rutin nanti,” Menurut Ketua HPI.

Lanjut Derek, Kegiatan penanapan pohon ini akan di laksanakan pada hari sabtu 14 maret 2020 di kaki dian, Kelurahan Airmadidi atas, Kecamatan airmadidi Minahasa Utara.