BI Sulut Siapkan Rp 2,3 Triliun Uang Baru untuk Penukaran Jelang Idul Fitri

by
Kepala Divisi SPUR Haratua Panggabean menyerahkan uang baru pecahan kecil kepada perwakilan Perbankan di kantor lama BI Sulut (Foto: Ishak Kusrant).

Manado – Bank Indonesia (BI) kantor perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) menyiapkan uang tunai senilai Rp 2,3 triliun untuk masyarakat yang ingin menukarkan uang lama ke uang baru pecahkan kecil jelang hari raya Idul Fitri 2019.

Kepala BI Perwakilan Sulut Arbonas Hutabarat melalui Kepala Divisi Sistem Pengelolaan Uang Rupiah (SPUR) Haratua Panggabean mengatakan, untuk tahun ini lokasi penukaran uang BI Sulut dilakukan di 114 titik, yang tersebar sejumlah Kabupaten kota dan lokasi paling banyak di kota Manado.

Foto : Petugas Bank melayani masyarakat yang menukarkan uang baru pecahan kecil.

Menurut Panggabean Penukaran uang baru dimulai dari tanggal 20 Mei hingga 29 Mei 2019. “Untuk di kota Manado lokasi yang disiapkan, diantaranya kantor BI lama, kawasan Mantos 3, Terminal Malalayang, Pasar Karombasan, Lapangan Ketang Baru Ternate, Kota Tomohon, Kotamobagu, Kabupaten Bolsel, Bolmong, Boltim, Melonguane, dan Tahuna,” ucap Panggabean didampingi Tim SPUR Jesaya Marthin, Senin (20/5/2019).

Kata Panggabean, tahun ini jumlah uang baru yang disiapkan mengalami penurunan dibanding dengan tahun 2018 silam yaitu Rp 2,4 Triliun. “Dan untuk penukaran uang baru BI dibantu 30 bank yang ada di Sulut, diantaranya Bank Mandiri, Bank Danamon,  BTPN, BRI, BNI, Bank Sulut, BTN, dan Bank Perkreditan Rakyat,” tambah Panggabean.

Panggabean menambahkan, agar masyarakat yang ingin menukarkan uang baru pecahan kecil, bisa memanfaatkan lokasi penukaran uang yang disiapkan oleh BI, agar terhindar dari peredaran uang palsu.

Editor: Ishak Kusrant

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.