BKKBN Jelaskan Pentingnya Program KB di Era Pandemi Corona

by



Foto : Deputi ADPIN BKKBN Pusat Nofrijal menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga di Desa Lelema, Kecamatan Tumpaan, Minahasa Selatan.(Istimewah).

Tumpaan, Kabarmanado.com – Pemerintah melalui sistem jaring pengaman sosial telah menggelotorkan sejumlah program bantuan kepada masyarakat. Hal ini untuk mengurangi beban masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan juga diberikan kepada sejumlah institusi pemerintahan, salah satunya Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).
Dalam kegiatan “Sosialisasi Advokasi dan KIE, bersama Mitra Kerja”, bersama dengan Ketua Komisi IX DPR RI Felly Runtuwene, BKKBN memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok.

Juga digelar sosialisi mengenai program Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

KIE Kelompok adalah salah satu bentuk dari kegiatan KIE yang dilakukan oleh Petugas KIE (PKB / PLKB) kepada sekelompok orang dengan jumlah antara 2-15 orang.

“Kami dari DPR RI memikirkan langkah bagaimana uang ini bisa beredar di masyarakat, warga butuh bantuan di saat pandemi Covid-19 ini,” ujar Felly saat menyerahkan bantuan sembako di Desa Lelema, Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulut, Minggu (27/9/2020).

Felly mengatakan, pihaknya bersama BKKBN memfasilitasi bantuan bagi masyarakat karena di masa pandemi banyak warga yang kehilangan pekerjaan. Maka memang dibutuhkan perhatian pemerintah melalui program seperti ini.

“Kita rangkaikan dengan sosialisasi keluarga berkualitas, kita juga serahkan bantuan sosial. Sekaligus memastikan bantuan ini sampai ke tangan masyarakat,” tegas Felly.

Deputi ADPIN BKKBN Pusat Nofrijal mengatakan, pemberian bantuan di era pandemi ini menandakan bahwa pemerintah hadir untuk masyarakat. Selain menyampaikan pesan pembangunan juga pembagian bahan pokok.

“Ini bentuk kepedulian pemerintah untuk menangani dampak sosial yang timbul akibat pandemi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Tokoh agama setempat Pendeta Nofly Kaumpungan menyatakan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh pemerintah bagi masyarakat. Bantuan itu sangat berarti bagi warga. Dia juga berpesan pada warga agar bersama dengan pemerintah berjuang mengatasi pandemi Covid-19.

“Caranya dengan mengikuti protokol kesehatan, karena kita percaya melalui kerja sama kita bisa mengatasi wabah ini,” ujarnya.

Ribuan paket bantuan yang dibagikan oleh berupa beras, minyak goreng, dan mie instan. Bantuan ini diterima oleh warga yang terdampak Covid-19 di sejumlah kecamatan di Minahasa Selatan.