BKKBN Sulut Kunjungi Kampung KB Minsel dan Bolmut

by
Bupati Minsel, Christiany E. Paruntu SE saat menerima Sugiatna dan rombongan di Kantor DPRD Kabupaten Minsel, menegaskan dukungan dan komitmen untuk meningkatkan pembangunan di Minsel melalui Kampung KB.

Amurang – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulut, Sugiatna, mengunjungi Desa Tangkuney, Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Selasa (29/1/2019).

Kunjungan itu terkait terpilihnya desa yang berjarak sekitar 13 kilometer dari Tumpaan sebagai Center of Excellence (CoE) Kampung Keluarga Berencana (KB) untuk Kabupaten Minsel. CoE Kampung KB adalah kampung-kampung yang dianggap sebagai percontohan keberhasilan dalam menjalankan program KB.

Beberapa kriteria yang harus dipenuhi Kampung KB adalah, memiliki Kelompok Kerja (Pokja), memiliki rumah data dan pojok kependudukan, serta memiliki Penyuluh Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang aktif. Selain itu, juga telah ada intervensi pembangunan lintas sektor baik pembangunan materil maupun spiritual.

Sugiatna didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Minsel, Meity N. Tumbuan. Dalam kunjungan itu, Sugiatna meninjau langsung rumah data serta kelompok kerja (Pokja) di desa tersebut.

Bupati Minsel, Christiany E. Paruntu SE saat menerima Sugiatna dan rombongan di Kantor DPRD Kabupaten Minsel, menegaskan dukungan dan komitmen untuk meningkatkan pembangunan di Minsel melalui Kampung KB.

“Kami sangat mendukung karena ini adalah bagian program pemerintah pusat,” ujar Paruntu yang didampingi Wakil Bupati Frangky Wongkar.

Selain di Minsel, kunjungan juga dilakukan ke CoE Kampung KB Desa Saleo, Kecamatan Bolangitang Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), sehari kemudian, (30/1/2019). Sugiatna didampingi Kadis Disdukcapil KB Sulut, Bahagia R. Mokoagow untuk memberikan arahan dan wejangan kepada masyarakat, anggota pokja dan penyuluh KKBPK di desa tersebut.

Sebelumnya, rombongan diterima Bupati Depri Pontoh dan Wakil Bupati Amin Lasena di ruang kerja Kantor Bupati Bolmut. Pada pertemuan itu, Bupati menyebut Kampung KB adalah miniatur kegiatan KKBPK.

“Jadi program ini dianggap sangat tepat dalam membantu mewujudkan misi pembangunan demi kemajuan dankesejahteraan masyarakat Bolmut,” ujar bupati.

Penulis: Linda Setiawati

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.