BPBD Gandeng Dikda Sulut Ajak Siswa SMAN 7 Manado Tanggap Bencana

oleh -310 views

Manado – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut memberikan sosialisasi mitigasi dan tanggap bencana di sekolah menengah atas (SMA) Negeri 7 Manado pada Rabu (8/5/2019). “Sosialisasi mitigasi ini diberikan sesuai potensi bencana daerah yang ada di Manado, pasalnya wilayah Manado termasuk ke dalam peta daerah rawan bencana baik rawan banjir, longsor dan gempa bumi,” Kata Kabid Pembinaan SMA Dikda Sulut, Arthur Tumipa.

Kata Tumipa, dengan memberikan pengetahuan tentang tanggap mitigasi bencana oleh BPBD Sulut, diharapkan para siswa bisa peka akan terjadinya bencana yang akan terjadi. Tidak hanya itu, usai mengikuti sosialisasi ini siswa lebih tanggap saat bencana datang dan tidak harus panik untuk selamatkan diri.

“Mereka para siswa diajarkan pemahaman tentang bencana sesuai UU 24 tahun 2007, tanda-tanda mau terjadi bencana, tekhnik dasar menyelamatkan diri, instansi yang harus dihubungi, serta trauma healing korban usai terjadinya bencana,” cetusnya.

Lanjut Tumipa, dalam sosialisasi tersebut para siswa juga langsung diajak mempraktikkan sekaligus menolong sesama usai bencana terjadi, oleh karenanya, kegiatan ini berjalan dengan antusias karena banyak siswa ingin mengetahui tanda-tanda akan terjadinya bencana. “Sosialisasi pengenalan mitigasi bencana memang sangat penting, dengan begitu kita bisa antisipasi saat akan terjadi bencana,” ucap Tumipa.

Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi siswa sehingga bencana yang akan terjadi bisa diantisipasi sebelumnya,” tutupnya.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

tenor

One thought on “BPBD Gandeng Dikda Sulut Ajak Siswa SMAN 7 Manado Tanggap Bencana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.