BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi Edukasi Publik dan Media Gathering

by



Manado – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kedeputian Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku Utara (Suluttenggomalut) menggelar Sosialisasi Edukasi Publik dan Media Gathering bersama awak media yang ada di daerah ini, Selasa (5/8/2020) di Hotel Sintesa Peninsula Manado.

Kepala Deputi BPJS Suluttenggo Malut Chandra Nurcahyo mengatakan peran media massa saat ini tidak sekadar memberitakan suatu kejadian. Namun lebih penting adalah sebagai sarana edukasi publik, persuasi, pengawasan dan sosialisasi.

“Dengan banyaknya peran media tersebut, maka diharapkan para wartawan adalah pihak yang pertama mengetahui jika ada update informasi terkait program JKN KIS untuk disebarkanluaskan kepada masyarakat,” ujarnya.

Lanjut, Chandra Nurcahyo mengatakan program JKN-KIS tertuang dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Di mana, iurannya sedikit mengalami perubahan. Untuk peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri peserta kelas I kini iurannya Rp150.000. Kelas II Rp 100.000 sedangkan kelas III Rp42.000. Namun yang dibayar untuk kelas III hanya Rp25.500, sisanya disubsidi pemerintah.