Buka Bazar Ramadhan, Remaja Masjid Al’Ihsan Klabat Jual Takjil Selama Ramadan

by

Minut, Kabarmanado.com – Remaja Masjid Al’Ihsan Klabat yang berada di Desa Klabat Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara ini, sejak hari pertama Ramadan, membuka bazar ramadhan dengan melakukan kegiatan menjual takjil bagi masyarakat untuk kebutuhan berbuka puasa.

Lokasi jualan tepat di depan Mesjid Al’ Ikhsan dengan mendirikan tenda berukuran 2 × 4 meter.

Diva Saribulan, salah seorang remaja masjid Al’ Ikhsan mengatakan kegiatan menjual takjil menjadi pengalaman tersendiri bagi dirinya serta semakin memahami arti berorganisasi.

“Alhamdulillah, Ramadan kali ini kami merasakan hal berbeda karena mengisi waktu berbuka puasa dengan kegiatan menjual takjil, dan ini menambah kebahagiaan tersendiri bagi kami karena dapat membantu warga masyarakat khususnya warga Klabat yang menjalankan ibadah puasa,”tutur Diva, Kamis (15/04/2021).

“Kue yang kami jual beragam diantaranya aneka kue kampung, apang putih, bobengka, pangku, binyolos, lampu – lampu, buah segar dan lainnya dan semua merupakan titipan dari ibu-ibu warga disini,”tambahnya.

Salah satu pembeli yang ditemui, Arman memberi apresiasi para remaja masjid Al’ Ikhsan yang kreatif, memanfaatkan momen bulan Ramadan dengan memberdayakan ekonomi kecil dari warga setempat.

“Ini hal positif bagi generasi muda sekaligus untuk belajar mandiri, bahkan bisa membuka usaha sendiri,”kata Arman.

Lanjut Arman, tujuan mereka sangatlah mulia karena dengan kegiatan ini memberikan pengalaman berorganisasi, baik sosial maupun keagamaan, serta membentuk kemandirian dengan usaha yang dijalankan selama Ramadan ini.

“Alhamdulillah sejak hari pertama kami lihat jualan takjil mereka yang mulai dibuka setelah shalat Zhuhur, ludes dibeli oleh warga setempat, bahkan warga lain yang melewati Desa ini juga ikut membeli,”ujar Arman. 

Dijelaskan Arman, banyak juga warga yang membeli dengan memesan melalui telepon atau media sosial dan para remaja mengantar langsung kerumah warga tersebut.

Aneka kue dijual dengan harga terjangkau Rp.1500 per kue, dan adapula kue dijual 4 harganya hanya Rp 5000.

Penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 saat membuka bazar ramadhan pun dilakukan pihak remaja mesjid Yakni dengan memakai masker.

Penulis : Julkifli Madina

tenor