Bupati Minahasa Teken Kerja Sama Dengan Bupati Malang

by

Malang- Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring M.Si menggelar pertemu dengan Bupati Kabupaten Malang Drs H.M. Sanusi, M.M dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan Pemerintah Kabupaten Malang.

MoU tersebut Tentang Kerjasama Pembangunan Daerah, sekaligus Penyerahan Cendramata dari Pemkab Minahasa dan Pemkab Malang paada Kamis (19/12) di Pendopo Agung Kabupaten Malang.

Pada kesempatan itu, Bupati Minahasa Diajak Ketua DPRD Kabupaten Malang Didit Gatot Subroto, untuk mengelilingi setiap ruangan di pendopo agung peninggalan mantan mantan bupati malang terdahulu.

Bupati Malang, Sanusi menyampaikan rasa syukur kepada yang Maha Kuasa karena Pemkab Malang dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Dapat bersilahturahmi dalam nuansa kekeluargaan.

” Hari ini adalah sejarah dimana kedua Kabupaten bisa menjalin kerjasama dalam bidang pembangunan,” ungkap Sanusi.

Lebih jauh Sanusi berkata, melalui penandatanganan kesepakatan bersama antara pemkab Minahasa dan Malang tentang kerjasama pembangunan daerah serta membawa manfaat bagi kedua pihak.

Ditambahkan Sanusi, bahwa Kesepakatan ini merupakan suatu bentuk kepedulian dan keseriusan kedua daerah dalam rangka optimalisasi potensinya yang dimiliki, serta meningkatkan perekonomian daerah dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

” Ada berbagai objek wisata menarik yang dapat dinikmati di kabupaten Malang,” ungkapnya.

Sementara Bupati Minahasa, Royke Roring dalam Sambutannya menyampaikan, banyak terimakasih kepada Bupati Kabupaten Malang yang sudah menerima Kabupaten Minahasa dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama Kerjasama Pembangunan Daerah.

” kerja sama ini telah dijejaki terlebih dahulu dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang untuk mengujungi Lokasi TPA,” katanya.

Lebih Lanjut ROR mengatakan, dimana pengelolaan TPA begitu tertata, sehingga makan dan minum pun lokasi tersebut tidak merasa risih dikarenakan lokasi di TPA tidak ada bau sampah.

” Kerjasama antara Pemkab Minahasa dan Pemkab Malang bukan hanya di bidang persampahan tetapi juga kerja sama dibidang lain juga ada nantinya,” ungkap ROR.

Kata Roring, kerjasama lainnya adalah bidang Pertanian yakni hasil Pertanian di Kabupaten Malang untuk menjadi contoh bagi kami di Kabupaten Minahasa,”ujar ROR.

Selanjutnya ROR menambahkan, dimana Kabupaten Minahasa betumbuh pada pertanian dan perikanan, dari sisih jumlah penduduk kabupaten Minahasa hampir seper sepuluh jumlah penduduk kabupaten Malang. Dan dari sisi luas tentu kabupaten Minahasa lebih luas dari Kabupaten Malang, dan dari usia kabupaten Minahasa baru berusia 391 Tahun, sedangkan kabupaten malang berusia 1259 Tahun jadi ada selisih 850 Tahun.

“Dalam hal ini Kabupaten Malang lebih tua dari Kabupaten Minahasa sehingga apa yang sudah kita tanda tangan ini betul menjadi kesepakatan antara kedua daerah, untuk kesejahteraan dan akan kita tingkatkan untuk di lanjutkan kedepan nanti,” ujar ROR.

Turut Hadir Ketua DPRD Kabupaten Malang, Didit Gatot Subroto, mewakili Pengadilan Negeri Ronald, Jajaran Pemkab Malang Sekda Malang Didik Mulyono, Kadis Perhubungan kab Malang, Hatfi Lutfi, Kepala Balitbangda Malang M Hidayat, Kepala Bapeda Tommy Herawanto dan Jajaran Pemkab Minahasa. Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Ir Wenny Talumewo M.Si, Kadis Perhubungan Ir Hendrik Kunang, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian & Pembangunan Daerah Philip F.S.H Siwi SE, Kabag TUP Lona O. K. Wattie, SSTP.