Bupati Roring Buka Peluang Tingkatkan Investasi di Minahasa

by

Jakarta – Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi di Grand Ballroom Ritz-Carlton Pasific Place, Kamis (20/02).

Rakornas ini diselenggaraakan Badan Koordinasi Penanaman Modal RI dengan mengusung tema “Peningkatan Investasi Bagi Indonesia Maju”.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo ini sangat penting dalam rangka melakukan percepatan investasi dengan harmonisasi kebijakan pusat dan daerah.

Ada banyak hal terkait investasi yang dibahas dalam kegiatan ini. Presiden mengatakan teori dasar semua negara berputar tentang investasi.

“Semakin banyak investasi masuk ke Negara Indonesia, ke provinsi-provinsi, hingga ke kabupaten dan kota, maka semakin cepat pula perputaran uang di Indonesia,” kata orang nomor satu di Nusantara ini.

Presiden merincikan jika 16% APBN hanya menunjang pertumbuhan Ekonomi, 7% APBD, sisanya 77 % yang menunjang pertumbuhan adalah Swasta atau investor.

Untuk itu warning disampaikan kepada kepala daerah baik Gubernur maupun Bupati dan Walikota bahwa pada bulan Oktober – November 2019 terdapat 220 Trilyun yang tidak dikelola daerah. Sedangkan pada bulan Desember 2019 masih tersisa 110 Trilyun.

“Upayakan di tahun 2020 ini agar digunakan semaksimal mungkin,” kata Presiden.

Bupati dan Walikota juga diingatkan agar memberikan target ke DPM-PTSP masing-masing ke setiap usaha kecil, usaha mikro agar mempermudah akses keuangan dan Modal.

“Berikan kemudahan dalam proses pembuatan ijin, jangan persulit,” imbaunya.

Sementara untuk menjawab keluhan BKPM dimana DPM-PTSP di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota tidak mempunyai DAK, maka secara langsung Presiden telah memerintahkan Menteri Keuangan agar segera memproses DAK untuk BKPM maupun DPM PTSP.

“Apabila tidak bisa untuk tahun 2020, minimal upayakan 2021 sudah ada DAK, karena DAK digunakan untuk sosialisasi demi memberikan pelayanan tercepat kepada masyarakat,” tandas Presiden.

Sementara itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Minahasa, Maya Marina Kainde, SH, MAP mengatakan, Bupati ROR hadir dalam Rakor untuk membahas permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh daerah, dalam rangka memfasilitasi investasi di daerah.

“Pak Bupati sangat mendukung upaya pemerintah pusat dan akan menopang dalam menyiapkan strategi untuk meningkatkan investasi khususnya di Minahasa. Intinya agar masalah¬†investasi¬†yang spesifik di daerah itu bisa dicarikan solusinya,” jelasnya.

Juru bicara Pemkab Minahasa ini menambahkan, pemerintah pusat dan daerah telah menyiapkan strategi bersama dalam rangka meningkatkan investasi di tanah air.

Rakornas Investasi ini dihadiri seluruh Pejabat Pemerintah Pusat, Gubernur, Bupati, Walikota, Sekretaris Daerah.

Hadir pula pejabat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) baik di provinsi maupun kabupaten dan kota, termasuk diantaranya Kepala DPM-PTSP Kabupaten Minahasa, Mekry Sondey.(Roni)