Cara Praktik Siswa SMKN 1 Tondano Pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

by


Tondano – Kabarmanado.com – Pembelajaran yang bermakna dan kontekstual semakin relevan di masa pandemi ini. Pembelajaran ini akan melatih kecakapan hidup siswa.

Ketika sekolah ditutup untuk memutus mata rantai penularan Covid-19, kegiatan belajar mengajar di sekolah dipindahkan ke rumah. Siswa belajar di rumah dari guru mengajar dari rumah. Namun, metode itu tidak selalu cocok bagi sekolah menengah kejuruan karena siswa harus mempraktikkan teori yang telah mereka dapat.

Aturan baru pun dikeluarkan Kemendikbud RI agar siswa bisa praktik di masa Pandemi Covid-19 ini yakni bisa praktik di Skolah dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

Kepala SMK Negeri 1 Tondano, Vecky Pangkerego M.Pd Jumat (28/08) mengatakan, Sekolahnya masuk pada Kelompok pariwisata dan ada benerapa jurusan keahlian yakni Tata Boga, Busana, Perhotelan, dan ada juga Multimedia, OTKP serta Keperawatan.

“Dalam praktik di masa pandemi Covid-19 kali ini siswa per jurusan keahlian datang parktik di sekolah dengan cara bergantian dan hanya 5 orang siswa per hari yang hadir setial jurusan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19,” Jelas Pangkerego.

Kata Pangkerego, saat ini jurusan keahlian yang paling banyak diminati adalah Perhotelan.

“Untuk jurusan keahlian Busana masih kurang, padahal jurusan ini bisa menciptakan dan merekrut tenaga kerja nantinya,” Kata Pangkerego.

Lanjut dia, Sekolahnya memberdayakan Alumni dimana saat ini sekolahnya bekerjasama dwngan Alumni untuk menjahit kemeja batik sekolah.

“Kami saat ini ada 654 Siswa dan dulu sejak 2017 saya masuk disekolah ini baru 200-san siswa dan ini membuktikan bahwa setiao tahun terjadi peningkatan Siswa baru yang masuk di Sekoah ini,” Kata Kepsek.

Dijelaskannya, selama dirinya memimpin banyak perubahan yang dilakukan pertama diterapkan disiplin bagi guru – guru karena ini semua akan berdampak pada peningkatan SDM.