Cara SMAN 3 Tondano Atasi Masalah Internet Murid Saat Belajar dari Rumah

by


Minahasa – Pembelajaran jarak jauh atau secara daring telah dimulai sejak 17 Maret 2020 yang lalu baik tingkatan SD, SMP, SMA, SMK, SLB maupun Universitas di Indonesia dikarenakan adanya dampak dari Pandemi Virus Corona ( Covid-19).

Banyak hal yang ditemui dalam pembelajaran daring ini, dimana masalah jaringan internet, kehabisan kuota internet dan lainnya.

Namun, dalam mengatasi ini, SMA Negeri 3 Tondano tidaklah menjadi kendala atau halangan. Pasalnya menurut Kepala SMAN 3 Tondano,
Deny Pakasi Jumat (15/05) mengatakan, disekolahnya ada puluhan siswa yang tempat tinggal mereka tidak memiliki jaringan internet sehingga sekolah mengatasinya dengan membentuk tim tugas.

” Ya kami bentuk tim tugas khusus membantu para siswa yang tidak memiliki jaringan internet yakni tim ini membawah tugas yang dikumpulkan oleh guru-guru dibawah kepada siswa tersebut dan mengambil kembali kalau tugasnya sudah diisi oleh siswa,” jelasnya.

Kata Pakasi, tim khusus ini juga mendata tempat tinggal para siswa yang tidak memiliki jaringan internet.

” Kami sekolah proaktif menghubungi siswa dan orang tua siswa secara personal dan kemudian memberikan arahan serta pendampingan agar siswa tetap bisa mengikuti pelajaran tanpa harus mengikuti kelas daring,” kata dia.

Sementara Kata Pakasi, untuk siswa yang memiliki jangkauan internet mereka para murid-murid belajar dari rumah dilakukan melalui aplikasi. Guru memberikan latihan untuk dikerjakan oleh siswa.