Cara SMKN 1 Manado Kembangkan keahlian Siswa

by
Kepala SMK Negeri 1 Manado, Drs Moodie Lumintang MSi.(Foto: Yoseph E Ikanubun)

Manado – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memilih SMK Negeri 1 Manado sebagai sekolah revitalisasi pendidikan kejuruan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sulut dari 219 SMK di Indonesia .
Menurut Kepala SMK Negeri 1 Manado, Drs Moodie Lumintang MSi, hal itu dalam rangka menjalankan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 tahun 2016, tentang Revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia. “Kami sekarang di sini sudah ada kelas industri dan kami sudah melakukan MoU dengan dunia usaha dan industri,” ungkap Lumintang, Senin (30/07/2018).
Lumintang mengatakan, dengan adanya MoU tersebut maka dunia usaha dan industri sudah dijadwalkan untuk mengajar di sekolah. “Dunia industri masuk sekolah sangat menguntungkan para siswa karena mereka dididik dan dilatih langsung pada orang yang mempunyai keahlian yang sesungguhnya,” jelasnya.
Dia menambahkan, siswa akan memiliki ilmu keahlian tambahan yang tidak pernah didapat di sekolah dan sudah pasti kalau mereka sudah lulus langsung diterima di dunia kerja. “Kami juga sudah diakui BNSP untuk dijadikan tempat uji kompetensi. dan SMKN 1 Manado sekarang mengimplementasikan ISO versi 2015,” ungkap Lumintang.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.