Dampak Pandemi Covid-19, KSN Tingkat Provinsi Pertama Dilaksanakan Secara Daring

by


Manado – Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut akan menggelar Kompetisi Sains Nasional ( KSN ) tingkat Provinsi Sulut mulai tanggal 10 – 14 Agustus 2020 yang akan dilaksanakan secara daring dari rumah masing – masing.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah ( Dikda ) Sulut, dr Grace Punuh MKes melalui Kepala Bidang Pembinaan SMA, Arthur Tumipa Rabu (05/08) mengatakan, ada 535 siswa utusan dari SMA yang berada dari 10 wilayah Cabang Dinas Pendidikan yang berada di 15 Kabupaten Kota yang akan ikut KSN tingkat Provinsi.

“Kompetisi Sains Nasional atau yang biasa disingkat dengan KSN adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA,” jelas Tumipa.

Kata Tumipa, Kompetisi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter 

“Yang ikut tingkat Provinsi adalah para siswa yang lulus terbaik dari KSN tingkat Kabupaten Kota,” tegas Tumipa.

Lanjut Tumipa, pada KSN tahun 2020 di masa pandemi Covid-19 kali ini lomba dilaksanakan secara daring karena pada sewaktu dibuka untuk mendaftar secara luring tidak ada yang daftar.

” Para siswa sebelumnya telah mendatangani pakta integritas agar kejujuran diutamakan dalam lomba KSN secara daring ini,” Kata dia.

Diketahui, ada 9 matapelajaran yang dilombakan yakni Biologi, fisika, kimia, ekonomi, geografi, informatika, Matematika, astronomi dan kebumian.