Danau Tondano Mulai Dibersihkan, Ribuan Orang Angkat Eceng Gondok

by

Tondano  – Secara serentak seluruh elemen masyarkat TNI, Polri dan pemerintah kabupaten Minahasa pada Jumat (10/01/2020) turun ke danau Tondano untuk Pengangkatan Eceng Gondok. Ir Ronald Sorongan MSi, selaku Sekertaris Daerah (Sekda) memimpin Apel serta ikut serta mengangkat dan dilanjutkan dengan peninjauan langsung di setiap titik lokasi pengangkatan eceng gondok.

Sorongan mengatakan, pengangkatan enceg gondok secara serentak ikuti oleh ribuan warga yang didalamnya masyarakat ,TNI-Polri, Instansi Vertikal, seluruh OPD di Pemkab Minahasa yang mengikutsertakan seluruh ASN dan THL.

Lebih lanjut Sorongan berkata, bahkan juga sejumlah Ormas, Organisasi Gereja, Perbankan, pelaku usaha dan komponen masyarakat lainnya turut serta pada kegitan ini.

” Pengangkatan eceng gondok ini dilakukan pada 194 titik, dan di ikuti oleh 27 Desa yang tersebar di 7 Kecamatan,”ujar Pj Sekda Minahasa ini.

Lebih lanjut Sorongan berkata, Pengangkatan eceng gondok saat ini sebagai tindak lanjut dari pencanangan revitalisasi danau Tondano yang telah dicanangkan Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring MSi pada tanggal 6 Januari 2020.

” Kami berterima kasih kepada seluruh komponen masyarakat yang ikut serta dalam pengangkatan eceng gondok ini,” pungkasnya.

Ditambahkan Sorongan, Nanti akan diperlukan peralatan penunjang karena kalau hanya mengandalkan tenaga manusia tidak maksimal. Makanya sangat perlu dukungan eksavator dan truk untuk mengangkat termasuk peratan lain yakni perahu, jaring dan tali,

” Untuk penampungan eceng gondok pasca di angkut dari Danau, pemkab sudah menyiapkan sejumlah lokasi tempat pembuangan dan Kami berharap seluruh komponen masyarakat tetap menopang pemerintah untuk bekerja sama menyelamatkan danau Tondano,” jelasnya.

Kata Sorongan, kedepan akan semakin banyak warga Minahasa juga warga Sulut datang membersihkan danau ini.(Roni).