Dewan Pendidikan Manado: Profesionalisme Pengelolaan GTK Masih Dibawah Standard

by

Manado – Amburadulnya proses pengangkatan Kepala Sekolah khususnya SMA/SMK maupun pengawas sekolah di Dinas Pendidikan Daerah ( Dikda ) Sulut belum lama ini terus mengundang kontroversi hingga saat ini.

Ini dikarenakan pelantikan Kepala SMKN 1 Bitung yang hanya 2 jam dijabat oleh Rompas Maxi Frans Absalon, yang kemudian digantikan oleh Meiske Jemima Makadada SPd.

Ada juga yang lebih menghebohkan lagi, dimana pada Jumat (10/01/2020), Pemprov Sulut mengangkat Almarhum Melvin Jones Kakampu yang sudah meninggal sejak 2018 lalu ini, diangkat menjadi Pengawas Sekolah pada Cabang Dinas Dikda Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Terkait persoalan tersebut, sejumlah pihak mengkritik kebijakan Pemprov Sulut yang dinilai melanggar aturan. Salah satu kritikan datang dari Ketua Dewan Pendidikan Manado, Drs David M Legi menyampaikan, profesionalisme pengelolaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) masih dibawah standard.

” Seharusnya GTK ini menjadi pintu masuk untuk meningkatkan kualitas pendidikan dimana harus dimulai dari guru,” ungkapnya.

Kata Legi, Berhubung tata kelola GTK sebagai tenaga fungsional memiliki karakteristik yang spesifik, maka perlu dikaji ulang untuk mengembalikan pengelolaan GTK ke Instansi yang mengelola pendidikan dan dimohon kaji ulang regulasi untuk reformasi birokrasi.

” Perlu juga diklarifikasi apakah salah ketik, salah konsep atau salah kebijakan atau salah apalagi yang dapat dipakai sebagai alasan pembenaran,” tutup dia.