Dikbud Manado Gelar Bimtek Pengeloaan Aset Daerah Bagi Sekolah

by

Manado – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kota Manado menggelar bimbingan teknis pengelolaan aset daerah bagi TK, SD, SMP, SPNF baik negeri maupun swasta di kota Manado pada Selasa ( 28/5/2019 ) di Hotel Peninsula Manado.

Ketua Panitia Ninik Suratinoyo Bidang Keuangan dan Aset Daerah Badan Pengelolaan keungan Aset Daerah kota Manado menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang teknis pengelolaan aset daerah dilingkungan pendidikan agar dapat menyususn laporan aset. “Selain para kepsek yang hadir, juga proktor sekolah dihadirkan, agar dalam pengisian data aset bisa optimal,” ungkapnya.

Sementara kegiatan tersebut dibuka Wali kota Manado yang diwakili Asisten 3 bidang administrasi, Frans Mawicere dan dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan seperti ini sangatlah perlu dan penting dilaksanakan apalagi terkait permasalahan aset. “Aset sangatlah perlu dikelola dan ditangani dengan baik agar tidak terjadi masalah,” katanya.

Penilaian keuangan daerah kata Mawicere sangatlah berkaitan sekali dengan aset, karena itu pentingnya pertemuan ini. “Sebaik-baiknya infrastruktur pendidikan kalau tidak didukung dengan SDM maka akan terjadi hambatan dalam peningkatan mutu pendidikan,” tegasnya.

Mawicere menambahkan, Kepsek harus bekerja dengan jujur untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di kota manado.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, Dr Daglan Walangitan meminta agar Kepsek melakukan pendataan dan pengelolaan aset di sekolahnya dengan baik. “Jangan asal – asal mendata aset di sekolah karena ini juga berdampak pada penialaian pengelolaan keuangan daerah khususnya di kota Manado,” kata Daglan.

Lanjut dia, saat ini kota Manado telah mendapatkan kembali penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI dan semua ini berkat hasil laporan keuangan yang baik.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.