Dikbud Manado Sosialisasi Ujian Sekolah Pada Kepala SD dan SMP Se-Kota Manado

by

Manado – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Manado, sosialisasikan Ujian Sekolah (US) kepada dua ratus lebih Kepala SD dan SMP baik Negeri maupun Swasta di Kota Manado yang bertempat di Hotel Peninsula pada Senin (09/03).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, Daglan Walangitan menyampaikan, sosialisasi dilaksanakan berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 43 Tahun 2019.

“US adalah barometer untuk mengukur kemampuan siswa dalam menyerap hasil belajar selama 6 tahun di SD dan 3 tahun di SMP,” ungkap Walangitan.

Sementara menurut Kepala Bidang Pembinaan SD, Triana Almas menyampaikan, Ujian Sekolah merupakan bagian untuk mengukur kompetensi peserta didik, sebagai bagian pengakuan prestasi belajar. Sehingga Pemerintah Daerah dapat menentukan kebijakan untuk arah pendidikan Kota Manado.

” Ini adalah pertama kali diadakan di Manado, sehingga pihaknya memandang sangat perlu disosialisasikan karena ada perubaha- perubahan yang harus di sampaikan,” kata Triana.

Lanjut dia, Salah satu alasan sosialisasi adalah menyampaikan sejumlah perubahan dalam pelaksanaan US nanti, jadi alasan inilah sehingga diadakan kegiatan ini.

Triana berharap, bentuk ujian yang tepat bisa dilaksanakan sesuai dengan harapan.

” Saya berharap semua satuan pendidikan dapat mengejawantahkan format baru dari US agar harapan dan tujuan dari kita semua tercapai yakni mencerdaskan anak bangsa,” tandasnya.