Dikda, SMK Wajib Laksanakan UKK

oleh -46 views

Manado, Kabarmanado.com – Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan sebuah program yang wajib dilaksanakan oleh instansi pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur tingkat penguasaan siswa terhadap kompetensi tertentu pada tingkatan tertentu yang telah dipelajari oleh siswa selama tiga tahun di SMK.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah yang melalui Kepala Bidang Pembinaan SMK, Debby Mamangkey Senin (15/03) mengungkapkan, tidak bole ada SMK yang tidak menggelar UKK.

“Nanti pada Bulan April dan Mei 2021 ini akan digelar UKK secara serentak oleh seluruh program keahlian yang ada di SMK khususnya di Sulut,”ungkap Mamangkey.

Nantinya kata Kabid Mamangkey, untuk Proses asesmen dalam kegiatan UKK di SMK dilakukan oleh penguji internal dan penguji eksternal UKK. Penguji internal yakni guru produktif dari masing-masing program keahlian yang ada di SMK, sedangkan penguji eksternal merupakan utusan dari Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) atau instansi tertentu berdasarkan permohonan dari sekolah untuk menguji para siswa peserta UKK.

“Penguji eksternal yang melibatkan beberapa instansi dan DU/DI bertujuan agar penguasaan kompetensi yang dicapai oleh siswa dapat sesuai dengan standar yang ada di DU/DI. Hal tersebut tentunya sangat mendukung dalam tercapainya tujuan SMK secara umum yakni mempersiapkan siswa lulusan yang siap memasuki dunia kerja,”jelas Mamangkey.

Lanjutnya, Sekolah wajib menjalin kerjasama secara intens dengan DU/DI maupun instansi terkait yang sejatinya dapat mendorong tercapainya tujuan SMK dalam mempersiapkan tenaga lulusan siap kerja. Melalui kerjasama tersebut setidaknya sekolah mampu menyesuaikan bagaimanakah standar kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan DU/DI yang nantinya akan menjadi labuhan para siswa lulusan SMK.

“Semoga seluruh siswa lulusan dapat terserap di dunia kerja yang sesuai dengan kompetensi para siswa dan ini sudah menjadi kewajiban dan target utama dengan menyalurkan siswa lulusan untuk dapat langsung bekerja di dunia kerja,”ungkap Mamangkey.

Dijelaskannya, pihak Sekolah yang belum siap atau belum lengkap ruang prakteknya bisa meminjam tempat sekolah lain atau meminjam tempat di DuDi agar para Siswanya bisa ikut UKK dan diingatkannya agar pelaksanaan UKK wajib terapkan protokol kesehatan Covid-19.(Kifli).

tenor

No More Posts Available.

No more pages to load.