Dikda Sulut Pastikan Dana BOS Akan Ditransfer 30 April 2019

by
Kadis Dikda Sulut Grace Punuh saat di wawancara oleh awak media pos liputan Pendidikan.

Manado – Pencairan Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) dari Pemerintah Pusat Ke Pemerintah Daerah Sulut melalui Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, hingga kini masih dinantikan oleh pihak sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Provinsi Sulut, dr Grace Punuh M.Si melalui Ketua tim manajemen BOS Sulut, Tedi Rondonuwu¬†Senin (29/4/2019) menegaskan, pencairan dana BOS untuk triwulan 2 tahun 2019 akan ditransfer dari pusat pada Selasa 30 April 2019. “Dari pusat akan transfer dana BOS pada akhir bulan April ini ke rekening Daerah Sulut,” ungkap Tedi.

Kata dia, setelah proses transfer ke daerah sesuai aturan, maka satu minggu berjalan proses berkas selesai kemudian ditransfer ke rekening sekolah. “Untuk triwulan 2 Tahun 2019 ini dana BOS di Sulut hampir mencapai Rp 184 Miliar,” ungkapnya.

Lanjutnya, dana BOS triwulan 2 ini lebih besar yaitu 40 persen dibandingkan dengan triwulan 1 hanya 20 persen saja.

“Dana BOS triwulan ini 20 persen diwajibkan bagi sekokah negeri untuk membeli buku dan sekolah swasta tidaklah diwajibkan terserah berapa persen mereka akan beli buku, tetapi diharapkan mereka bisa juga 20 persen beli buku,” katanya.

Dijelaskan Tedi, untuk sekolah penerima di Sulut ada 3.253 sekolah dengan rincian yaitu SD 2.116, SMP 719, SMA 204, SMK 187 dan SLB 27 sekolah.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.