Dinas Kebudayaan Sulut Gelar Pameran Lukisan Secara Virtual

by

Foto : Sekprov bersama rombongan melihat langsung pameran virtual yang digelar Dinas Kebudayaan Sulut. (Istimewah)

Manado, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke -75 Kemerdekaan RI dan HUT ke – 56 Provinsi Sulut Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut menggelar pameran secara virtual yang diikuti oleh 25 pelukis terbaik di Sulut.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen SE MS memberi apresiasi yang tinggi atas terobosan inovatif Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut yang dinahkodai Jenry Sualang SPd MAP, yang menggelar Pameran Lukisan Koleksi Museum dan Pelukis Sulut 2020 selama lima hari, sejak dibuka Gubernur Olly Dondokambey SE melalui Kadis Kebudayaan Jenry Sualang pada Rabu 29 Juli 2020.

Hal itu disampaikan Sekprov Silangen yang ikut didampingi Asisten III Setda Asiano Gammy Kawatu SE MSi dan Kepala BKD Provinsi Dr Femmy Suluh MSi serta dihadiri Ketua KNPI Sulut Rio Dondokambey,saat meninjau sekaligus menutup kegiatan ini di Aula Disbud Sulut, Selasa (04/08/2020).

“Saya mengapresiasi Kadis Kebudayaan dan jajaran atas pameran lukisan hasil karya para seniman lukis Sulut. Saya berharap kegiatan ini tidak berhenti di sini saja, karena hasil karya lukisan para seniman, tidak kalah hebatnya dengan para pelukis nasional,” tandas Sekprov Silangen.

Oleh sebab itu, Sekprov Silangen memberikan motivasi agar karya-karya lukis para seniman Sulut didorong ke level nasional.

Pemukulan Tetengkoren sebagai tanda ditutup, sekaligus dibukanya kembali Pameran Lukisan Koleksi Museum dan Pelukis Sulut 2020 hingga tanggal 23 September 2020 mendatang.

Bagi Silangen, karya para seniman lukis yang hebat ini seiring dengan tujuan program pembangunan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw yang memiliki visi ‘Terwujudnya Sulawesi Utara Berdikari dalam Ekonomi, Berdaulat dalam Pemerintahan dan Politik serta Berkepribadian dalam Budaya’.

” Pameran secara virtual atau online ini baru pertama kali dilaksanakan Dinas Kebudayaan Provinsi ,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Sulut, Jendry Sualang, Selasa (04/08/2020).

Sualang menjelaskan, setiap seniman membawah 2 lukisan untuk di pamerkan yaitu sesuai dengan persepsi dan apresiasi serta daya kreativitas mereka dan untuk lukisan kedua melukis aktivitas kepala daerah di masa pandemi Covid-19.

“Lukisan mereka di nilai oleh netizen di media sosial Facebook dan sudah 23.000 orang yang memberikan respon atas karya mereka,” ungkap Sualang.

Dari hasil pameran lukisan virtual ini, keluar sebagai pemenang yaitu Anugrano Pangkey yang mendapat apresiasi dan disukai 2.223 orang.

“Saya atas nama Gubernur, kepada para pelukis yang memberi diri dalam kegiatan ini mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” tandas Sualang.

Untuk diketahui pameran virtual seni lukis sulawesi utara ini akan berlangsung hingga
tanggal 23 September 2020.