Dit Reskrimsus Polda Sulut Gelar Diskusi Stop Hoax dan Ujaran Kebencian di Kampus Unsrat

by
Direskrimsus Polda Sulut Kombes Pol Yandri Irsan SH SIK MSi menyampaikan materi pada diskusi.

Manado – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sulut menggelar Diskusi Stop Hoax dan Ujaran Kebencian dengan Tema “Merajut Kebersamaan Dalam Kebhinekaan” di Aula Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado pada, Rabu (9/10/2019).

Menurut Dirkrimsus Polda Sulut Kombes Pol Yandri Irsan SH SIK MSi, kegiatan ini digagas oleh teman-teman mahasiswa dari Ormawa Badan Esekutif Mahasiswa (BEM) Unsrat, dan pihak Polda Sulut dalam hal ini Subdit 5 Siber Dit Reskrimsus, dan kami memberikan dukungan sehingga pelaksaan diskusi panel boleh terlaksana.

Kombes Yandri mengatakan, kegiatan ini juga dilakukan menindaklanjuti Telegram Kabareskrim Polri untuk melaksanakan kegiatan Preemtif dan Preventif berupa kampaye antisipasi kejahatan Siber. “Diharapkan dengan adanya diskusi ini teman-teman mahasiswa dan peserta bisa mencegah dan mengantisipasi penyebaran berita bohong atau hoax dan ujaran kebencian, agar Sulawesi Utara tetap kondusif terutama di dalam kampus,” tegas mantan Dirkrimum Polda Sulawesi Tenggara tersebut.

Yandri mengungkapkan, jika menerima informasi, foto atau video yang belum diketahui dan dipastikan kebenarannya jangan cepat menyebarkan, karena jika informasi tersebut hoax maka akan menimbulkan gejolak di masyarakat dan penyebar berita bohong tersebut bisa di pidana. “Cek fakta dan verifikasi sebuah informasi agar kita tidak jadi penyebar hoax,” ujar Mantan Kapolres Kupang NTT tersebut.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Alexsander Mandalika, peserta dari mahasiswa fakultas di Unsrat, IAIN Manado, sedangkan narasumber pada diskusi yaitu Dirkrimsus Yandri Irsan, Kominfo Sulut, Max Rembang dan Akademisi Unsrat.

Penulis: Ishak Kusrant
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.