Dua Kepala SD Beo Talaud OJL di SDN 12 Manado

by
Dua kepala sekolah dari Talaud foto bersama Kepala SD Negeri 12 Manado serta para guru.

Manado – Bagian dari program pertukaran kepala sekolah (kepsek) mitra dan sekolah imbas, dua kepsek dari Kabupaten Kepulauan Talaud, Senin (30/07/2018), melakukan supervisi pembelajaran di SD Negeri 12 Manado.
Dua kepsek itu masing-masing Julce Liroga SPd dari SDK Imanuel Beo, dan Sinyo P Joroh SPd dari SD Negeri Inpres 3/77 Beo. Keduanya diterima Kepala SD Negeri 12 Manado, Jooke M Lendo SPd MM. “Kehadiran dua kepsek ini bagian dari program pertukaran kepala sekolah yang dilakukan di seluruh Indonesia oleh Kemendikbud,” ungkap Lendo.
Lendo mengatakan, SD Negeri 12 Manado ditetapkan sebagai sekolah mitra, sedangkan SDK Imanuel Beo dan SD Negeri Inpres 3/77 Beo sebagai sekolah imbas. “Awalnya sekolah imbas berkunjung ke sekolah mitra melaksanakan On the Job Learning atau OJL,” ujar Lendo.
Mantan Kepala SD Tabitha Manado ini menambahkan, tugas kepala sekolah imbas adalah mencari informasi bagaimana kerja seorang kepala sekolah yang menyangkut tiga aspek yakni supervisi kewirausahaan, dan manajerial yang dkembangkan oleh Kepala SD Negeri 12 Manado. “Dari hasil OJL ini kepala sekolah imbas akan mempresentasekan di Kemendikbud,” tandas Lendo.
Masih merupakan bagian dari program itu, lanjut dia, setelah selesai presentasi di Jakarta, kepala sekolah mitra akan berkunjung ke Talaud. “Setelah itu ada pendampingan dari Kemendikbud bagaimana sekolah mitra membuat OJL di sekolah imbas,” papar Lendo.
Program itu memakan waktu selama 3 bulan. “Sedangkan untuk kunjungan dua kepala sekolah imbas ini selama satu minggu,” ujar Lendo.

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.