Dua Mahasiswa Unsrat Ini, Lolos Seleksi Gita Bahana Nusantara Tahun 2021

oleh -331 views

Manado, Kabarmanado.com – Sangat membanggakan, Dua mahasiswa Universitas Sam Ratulangi berhasil lolos seleksi untuk ketingkat Nasional bergabung dengan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN).

Kedua mahasiswa tersebut adalah Viola Pongajow mahasiswi Fakultas Teknik terpilih untuk bergabung dengan tim Sopran dan Willie Loprang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis bergabung di tim Bass.

GBN merupakan wadah generasi muda dari seluruh Indonesia dalam bidang musik yang kemudian dibentuk sejak Tahun 2003 khusus untuk mengisi acara kenegaraan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI.
Seleksi dilakukan di masing-masing provinsi dengan beberapa tes diantaranya menyanyikan lagu wajib pilihan yang disediakan, selanjutnya peserta diuji penguasaan tangga nada serta kemampuan membaca dan menyanyikan notasi.

“Untuk pengumuman disampaikan lewat virtual seluruh peserta GBN baik paduan suara maupun orkestra bersama Kemendikbud Ristek. Semua proses dan perekaman dilaksanakan di rumah masing masing. Dan Selama latihan online, ini juga merupakan penyesuaian besar karena kami harus latihan paduan suara tanpa mendengarkan suara teman yang lain. Dan memang rasanya lebih melelahkan karena banyak energi yang fokus dan terkuras didepan layar,’”ujar Viola Pongajow Senin (16/08).

Kata dia, Seleksi paduan suara dilaksanakan oleh masing-masing provinsi. Ada 3 tes yang harus dilalui oleh setiap peserta: (1) menyanyikan lagu wajib pilihan yang disediakan panitia (2) teknik bermusik untuk segala macam tangga nada utnuk mengecek range suara; dan (3) primavista, yaitu kemampuan membaca dan menyanyikan not. Di Sulawesi Utara seleksi dilaksankan oleh Dinas Kebudayaan Prov Sulut.

“Untuk orkestra seleksinya dilaksanakan terpisah di Yogyakarta dan diseleksi langsung oleh panitia pusat,”jelasnya.

Lanjutnya, Pengumumannya disampaikan dalam pertemuan virtual seluruh peserta GBN, baik paduan suara maupun orkestra, bersama Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dilaksanakan via zoom meeting tanggal 17 Juli 2021, ketika pelatihan daring sudah sementara berlangsun. Pengumuman disampaikan oleh Bapak Syukur AS, dari Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan.

“Proses latihan Full daring.
Awalnya Surat edaran Dirjen Kebudayaan pada tanggal 7 Juli 2021 menjelaskan teknis pelatihan gabungan daring-luring. Jadi 1 minggu daring di rumah masing-masing, kemudian berangkat ke Jakarta tgl 25 Juli untuk pelatihan luring dan perekaman suara. Namun karena pandemi Covid-19 terus meningkat, tanggal 10 Juli ada pemberitahuan via grup Whatsapp bahwa semua pelatihannya dilaksanakan secara daring. Pengumuman resminya disampaikan dalam zoom meeting tanggal 17 Juli 2021,”ungkapnya.

Dijelaskannya, Ini adalah penyesuaian besar karena kami harus latihan paduan suara tanpa mendengarkan suara teman yang lain. Menurut saya rasanya lebih melelahkan karena banyak energi dan fokus yang terkuras di depan layar laptop/hp.

Prestasi putra putri terbaik Unsrat ini diharap terus mampu memotivasi mahasiswa lainnya dalam menunjukkan bakat yang ada.(Kifli).

tenor

No More Posts Available.

No more pages to load.