Dubes Buka Peluang Mahasiswa Unsrat Magang di Australia

by
Rektor Unsrat Manado bersama Dubes RI untuk Australia.

Manado – Pemerintah Australia melalui kerjasamanya dengan Kedutaan Besar Indonesia untuk Australia membuka kesempatan bagi kalangan pelajardan mahasiswa untuk magang dan melanjutkan studi ke negeri kanguru tersebut.

Hal ini disampaikan Duta Besar (Dubes) RI untuk Australia, Yohanes Kristiarto Soeryo Legowo dalam menyampakan kuliah umum di kampus Unsrat Manado, Kamis (31/01/2019).

“Kami membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk magang, ataupun melanjutkan studi di Australia. Bisa melalui Konsulat Jenderal di Perth, Darwin atau Quessland,” ujar Yohanes.

Dia berharap, melalui kesempatan belajar di Australia itu, akan lahir diplomat-diplomat hebat dari Sulawesi Utara. Karena dalam sejarah Indonesia, ada nama diplomat ulung yang berasal dari Sulawesi Utara.

“Indonesia pernah memiliki diplomat ulung dari Sulawesi Utara, namanya Mr AA Maramis. Tentu kami berharap banya lahir lagi diplomat hebat seperti beliau,” ujar Yohanes.

Rektor Unsrat, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA dalam sambutannya mengatakan, secara alami Australia dan Indonesia adalah mitra maritim yang secara bersama memiliki salah satu batas maritim terpanjang di dunia.

“Dengan demikian kedua negara ini terlibat langsung dalam hal keamanan dan ekonomi maritim yang luas dan sudah selayaknya saling menguntungkan,” ujar Kumaat.
Lanjut Rektor, keterkaitan dengan program Presiden Indonesia, potensi kerjasama Indonesia dengan Australia ini harus juga berkolaborasi dengan dunia pendidikan.

Rektor berharap, kunjungan Duta Besar RI untuk Australia ini bisa memberi peluang yang terkait dengan kemaritiman.

Penulis: Yoseph E Ikanubun

Leave a Reply

Your email address will not be published.