Edi Leksono:  Unsrat Harus Kembangkan Energi Terbarukan

by
Fakultas MIPA Unsrat menggelar kuliah tamu dengan mendatangkan Dr Ir Edi Leksono M Eng (tengah), ahli microgrid dari ITB di Fakultas MIPA Unsrat, Senin (10/09/2018).

Manado – Fakultas MIPA Unsrat menggelar kuliah tamu dengan mendatangkan Dr Ir Edi Leksono M Eng, ahli microgrid dari ITB di Fakultas MIPA Unsrat, Senin (10/09/2018).

Dalam implementasi kerjasama berbasis penelitian dan pengembangan pada kuliah Tamu microgrid sumber energi terbarukan bersama MIPA Unsrat tersebut, Edi mengemukakan pentingnya kembangkan energi baru terbarukan khususnya di Sulawesi Utara. “Energi terbarukan sangat diperlukan dewasa ini, mengingat dampak buruk dari sumber energi saat ini terhadap lingkungan hidup,”kata dia.

Dikatakannya dunia terancam oleh kerusakan lingkungan dan satu aspek yang punya dampak signifikan pada lingkungan hidup tapi sering tidak disadari adalah angkutan laut karena pakai bahan bakar disel. “Ada beberapa macam energi terbarukan yang bisa dikembangkan di antaranya energi matahari, air, angin, geotermall serta solar panel dan lainya,” kata dia.

Khusus Sulut, ungkap dia, lebih cocok dikembangkan konsep matahari. “Di sinikan wilayahnya lebih luas, ” beber dia sambil menaambahkan, pengembangan energi baru terbarukan anggaran biayanya sangatlah murah. “Saya berharap agar para dosen bisa mengembangkan penelitiannya tentang energi baru dan terbarukan di sulut,” jelasnya.

Diakuinya, saat ini pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia baru 15 persen dan ini menjadi tantangan saat ini bagi para dosen.

Ketua Jurusan Fisika FMIPA Unsrat, Gerald Tamuntuan menyatakan, kuliah tersebut mendorong pihaknya untuk mengembangkan energi terbarukan di kampus. “Dosen juga terdorong untuk melakukan penelitian, ” kata dia.

Kata dia, itu menjadi hal yang sangat penting karena kedepan akan beralih dari energi fosil ke energi terbarukan.

 

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.