Enam Hari Gelar Operasi Patuh 2019, Satlantas Polres Tomohon Jaring 400 Lebih Pelanggar Lalu Lintas

by

Tomohon – Satuan Lalu Lantas (Lantas) Polres Tomohon menjaring 400 lebih pelanggar lalu lintas dalam Operasi Patuh 2019 yang digelar serentak seluruh Indonesia sejak Kamis (23/8/2019).

Kasat Lantas Polres Tomohon Iptu Hadi Siswanto SIK mengatakan, memasuki hari ke 6 sudah ada 400 pelanggar lalu lintas yang kita tindak dengan memberikan sanksi tilang. Menurut Siswanto tingginya pelanggar lalu lintas selama Operasi Patuh meski baru 6 hari digelar, disebabkan karena masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas seperti, memakai helm SNI, melengkapi kendaraan bermotor seperti penggunaan knalpot standar, kaca spion, membawag dan memiliki SIM serta STNK. “Kebanyakan pelanggar yang ditilang karena tidak memiliki SIM, tidak membawah STNK, tidak menggunakan helm saat berkendara, serta melawan arus, karena itu kami lakukan penindakan,” tegas mantan Kapolsek Tombulu Polresta Manado tersebut pada kabarManado.com Selasa (3/9/2019).

Iptu Hadi Siswanto menambahkan, meski banyak pelanggar yang ditilang, namun pihaknya mengapresiasi kepada masyarakat yang sudah Patuh kepada peraturan lalu lintas terutama masyarakat kota Tomohon, sehingga bisa mengurangi resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. “Kalau masyarakat sudah patuh peraturan lalu lintas, maka bisa menekan kecelakaan di jalan Raya. Marijo jadi pelopor keselamatan Berlalu-lintas,” ucap Kasat Lantas.

Kasat Lantas Polres Tomohon Iptu Hadi Siswanto SIK (tengah) saat dilantik 18 Juni 2019.

Dia menambahkan, pada hari Kamis (5/9/2019) nanti pihaknya akan membagikan sesuatu kepada masyarakat yang telah patuh Berlalu-lintas sebagai apresiasi dari Polantas atas kerjasama dan kesadaran yang tinggi untuk tetap menjadi pelopor keselamatan Berlalu-lintas.

Sasararan Operasi Patuh Tahun 2019 Yaitu: 

1.Pengemudi menggunakan ponsel; 

2.Pengemudi melawan arus

3.Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu

4.Pengemudi dibawah umur

5.Pengemudi dan pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm SNI

6.Pengemudi kendaraan mengemudi menggunakan narkoba

7.Pengemudi mengemudi melebihi batas kecepatan yang ditentukan

8.Kendaraan transportasi yang menggunakan lampu strobo / rotator dan sirine yang bukan peruntukannya.

Operasi Patuh 2019 akan digelar selama dua minggu kedepan, dan akan berakhir pada tanggal 11 September 2019.

Penulis: Ishak Kusrant
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.