Festival Ogoh-ogoh Jelang Nyepi Sukses Digelar Pemkot Manado

by

Manado – Festival Ogoh-Ogoh jelang hari raya Nyepi yang digelar Pemerintah kota Manado bersama Umat Hindu di Lapangan Sparta Tikala pada Rabu (6/3/2019) sukses digelar.

Dengan mengusung konsep keberagaman dalam Harmoni tentang perbedaan dalam satu kebersamaan sebagai makna dari festival Ogoh-ogoh, bahwa kota Manado kaya akan keberagaman karena sebelumnya sukses menggelar Pesta Adat Tulude, dan Festival Cap Go Meh bagi Umat Tri Dharma.

Wali kota Manado GS Vicky Lumentut dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere mengatakan, Wali kota menyambut baik hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941 untuk saudara-saudara kita Umat Hindu se-kota Manado.

“Manado adalah kota yang kaya akan ragam budaya, penduduknya berasal dari berbagai suku dan agama. Keberagaman merupakan bahan inspirasi umat untuk saling mengenal dan memahami serta berbagi. Itulah hakikat dari kerukunan, hidup bae-bae, baku-bku tulung, dan baku-baku bae,” katanya.

Pawai Ogoh-Ogoh sudah menjadi goodwill dan program kegiatan pemerintah kota Manado untuk pelestarian kerukunan hidup antara umat beragama, sekaligus melestarikan budaya yang diangkat dari berbagai etnis dan agama dari warganya serta menjadi Kalender ivent persiapan menuju Manado Fiesta 2019.

“Melalui Dharma Santi Nyepi dan festival Ogoh-ogoh torang jaga kerukunan dan beking bagus di Manado torang pe rumah besar bersama, rumah bagi konservasi, untuk hidup dan memanusiakan manusia, jangan lupa jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan,” Kata Wali kota Manado.

Hadir dalam kegiatan itu, ketua DHDI Provinsi Sulut, Ketua DHDI kota Manado, BKSU Provinsi Sulut dan kota Manado, FKUB kota Manado, FPK kota Manado, serta para Pejabat di lingkup kota Manado.

Penulis: Inneke Lumentut

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.