FGD Dikbud Pemilihan Baju Khas Manado

by

MANADO – Pemerintah Kota Manado, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kota Manado menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Perampungan Perumusan Baju Khas Manado yang bertempat di Swiss-Belhotel Maleosan Manado pada, Senin (14/10/2019)

Sekretaris Daerah kota Manado, Mecler Lalat yang mewakili Wali kota Manado mengatakan, Baju Khas Manado, merupakan wujud keseriusan dari Pemkot Manado dibawa kememimpinan Wali kota, GS Vicky Lumentut, dan Wakil Wali kota, Mor Bastiaan, dalam pengembangkan dan melestarikan seni dan budaya di kota Manado. “Bila Kelak hadir, baju khas Manado, akan menjadi wujud fisik dari idealnya jatidiri, nilai-nilai luhur, landasan pemikiran, dan keseharian hidup masyarakat kota Manado, sebagai Rumah Besar dari Keberagaman, suku, agama dan budaya, yang hidup rukun dan dama,” kata Sekda.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Manado, Daglan M Walangitan mengungkapkan, FGD kali ini adalah yang ketiga kali dan ini yang terakhir, sangat bersyukur kali ini pemilihan baju khas Manado sudah final dan semua telah menyetujui. “Kami akan melakukan lounching baju khas Manado ini pada awal bulan November, dan akan dilouncing langsaung oleh Wali kota Manado Vecky Lumentut dan Wakil Wali kota Mor Bastian,” ucap Walangitan.

Sementara salah satu Narasumber yang hadir Koreta Kapojos mengatakan, pemilihan baju khas Manado sangat baik dimana Manado telah memiliki baju Khas sendiri. “Mari kita¬† bersama – sama melestarikan seni dan budaya Sulut terutama Manado dan membangun Manado lebih baik,” ajak dia.

Sementara itu dalah satu seniman Manado, Johanis Saul mengungkapkan, baju khas Manado memiliki karya originalitas dengan ciri khas yang tidak sama dengan daerah lain. “Baju khas Manado adalah baju inspirasi yang didalamnya mengambarkan akan seni dan kearifan budaya yang ada di Manado dengan dituangkan pada baju Khas Manado dan telah dimoderisasikan,” kata Saul.

Pada kegiatan tersebut, turut hadir Coreta Kapojos, Desainer Nasional berdarah Manado, Hengky Kawilarang, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, Daglan M Walangitan, Kadis Pariwisata Kota Manado, Lenda Pelealu, Kabag Pem- Humas Setda Kota Manado, Sonny Takumansang, beserta Narasumber dari kalangan Akademisi dan Pemerhati Seni dan Budaya di Kota Manado dan Para Kepala SMP Negeri di Manado.

Penulis: Zulkidi Madina
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.