Grace Punuh Puji Terobosan SMKN 2 Manado

oleh -1.096 views
Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes.(Foto: Yoseph E Ikanubun)

Airmadidi – Terobosan baru dilakukan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Manado, yaitu dalam penerimaan siswa baru selain Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online juga menambahkan tes minat bakat Siswa dengan cara komputerisasi secara online.
Terobosan ini dipuji Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes saat Bimbingan Teknis Pengelolaan Dana BOS para kepala sekolah di SMKN 1 Airmadidi, Jumat (27/07/2018).
Punuh mengatakan, apa yang dilakukan Kepala SMKN 2 Manado, Robin Koloway sangatlah tepat dan membanggakan serta menjadi sekolah percontohan dalam penerimaan siswa baru. “Ini adalah terobosan yang luar biasa dari sang kepala sekolah, di mana dia mampu memikirkan pikiran para calon siswa baru tentang keahlian dan bakat yang seharusnya mereka dalami. Dan menjadi masa depan mereka nanti,” kata Punuh.
Lanjut Punuh, tes minat bakat para calon siswa baru yang dilakukan di SMKN 2 Manado ke depan akan menjadi model PPDB Online tahun depan dan semua sekolah bisa menerapkannya. “Saya memberi apresiasi yang tinggi bagi kepala SMKN 2 Manado di mana tes minat bakat siswa memakai sistem online dan sekolah lain haruslah mengikuti,” harapnya.
Koloway mengatakan, tes minat bakat siswa yang dilaksanakan di sekolah dengan cara komputerisasi secara online bersamaan dengan PPDB Online reguler yaitu untuk menggali minat bakat siswa. “Sekolah kami satu-satunya melaksanakan tes minat bakat para siswa baru melalui komputerisasi secara online,” ujar dia.
Lanjut Kolowai, sistem komputerisasi dalam penerimaan siswa baru hanya di SMKN 2 Manado yang melaksanakan dan ini membuktikan penerimaan dengan cara transparan dan murni. “Dalam tes minat bakat siswa yang dilaksanakan di sekolah kepada calon siswa baru yaitu untuk mengukur kemampuan keahlian mereka ada di jurusan mana dan hasil nilainya langsung mereka lihat,” ucap dia.

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.