Gubernur Olly Resmikan Asrama SMK PP Negeri Kalasey

by

Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Kadis Dikda Sulut Grace Punuh dan Kepala SMK PP Negeri Kalasey, Jemmy Jermias Meresmikan Asrama dan Ruang Praktek Siswa.

Manado — Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey meresmikan gedung asrama dan Ruang Praktek Siswa (RPS) Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK PP) Negeri Kalasey, Kabupaten Minahasa, Rabu (10/4/2019) siang.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian dan penekanan tombol sirene pembuka tirai selubung papan nama asrama oleh Gubernur Olly sambil disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sukut, dr Grace Punuh MKes dan para Kepala SKPD, guru dan seluruh siswa SMK PP Kalasey.

Dalam sambutannya, Olly optimis sarana penunjang pendidikan representatif ini mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sektor pertanian Sulut.

“Ini menjadi suatu kebanggaan kita semua, dimana dua tahun lalu saya mengunjungi tempat ini dan melihat besarnya potensi sekolah untuk menunjang pertanian di Sulut. Karenanya dengan adanya asrama baru ini akan membuat seluruh siswa yang tinggal pun nyaman untuk belajar dan tidak terlambat,” kata Olly.

Menurut Gubernur, Pemprov Sulut berkomitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sektor pertanian dengan membiayai penuh semua kebutuhan pembangunan fisik dan siswa SMK PP Negeri Kalasey selama tinggal di asrama.

“Sekolah ini full biayanya oleh pemerintah daerah termasuk biaya tempat tinggalnya. Seluruh siswa yang bersekolah di sini berasal dari 15 kabupaten dan kota di Sulut,” Kata Dondokambey.

Lanjut Dondokambey, SMK PP Negeri Kalasey yang memiliki 706 siswa berperan penting dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulut.

“70 persen PAD Sulut dari sektor pertanian. Apalagi sekarang ini banyak turis yang mengunjungi Sulut sehingga kita harus mampu menyuplai produk holtikultura yang menjadi kebutuhan para wisman selama berlibur di Sulut,” beber Olly.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sukut, dr Grace Punuh MKes menyampaikan, sekolah ini adalah aset Pemprov dan harus dijaga serta dirawat dengan baik oleh pihak sekolah dan dengan adanya asrama baru para siswa bisa terbantu. “Jagalah asrama ini dengan baik jangan sampai cepat rusak dan siswa harus terus menjaga kebersihan,” ungkapnya.

Kata Punuh, kedepan ada beberapa sekolah yang akan difasilitasi asrama siswa sehingga bagi siswa yang jauh bisa tingga diasrama.

Sementara, Kepala SMK PP Negeri Kalasey, Jemmy Jermias menyampaikan, sangat bersyukur bisa mendapatkan asrama baru. “Gedung asrama ini sangatlah membantu sekolah dan para siswa dimana para siswa bisa menghemat biaya,” ungkapnya.

Kata dia, aset ini harus dirawat dan dijaga agar tidak cepat rusak dan bisa dipakai selama mungkin.

Jemmy Jeremias mengatakan, sekolahnya ada 4 jurusan yaitu Tanaman pangan holtikultura, Agribisnis peternakan, Agribisnis perkebunan, serta Agribisnis pengelolaan hasil pertanian.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.