Gubernur Olly Resmikan Proyek DAK Fisik SMA/SMK/SLB Berpusat Di SMKN 1 Amurang Bernilai Rp 16,9 Miliar

by


Minsel – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE meresmikan dan menandatangani sarana prasarana bidang pendidikan dana APBN dan APBD Provinsi Sulut tahun anggaran 2019 untuk SMA, SMK, SLB wilayah Cabang Dinas Pendidikan Minsel – Mitra yang berlokasi di SMKN 1 Amurang, Selasa (07/07/2020).

Hadir dalam peresmian tersebut Sekprov Drs Edwin Silangen, Wakil Bupati Minsel Frangky D Wongkar, Kacabdin Minsel – Mitra, Drs Max Lengkong, Kabid Pembinaan SMA, Arthur Tumipa, Kabid Pembinaan SMK Debby Mamangkey, Kabid GTK Melindah Mamesa, Ketua MKKS SMK Sulut, Moodie Lumintang, Sekretaris MKKS SMA Sulut, Drs Meidy R Tungkagi MSi dan puluhan Kepala SMA/SMK/SLB se-Kabupaten Minsel dan Mitra.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap tahun Provinsi Sulut selalu mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat.

Dimasa pandemi Covid-19 banyak daerah dipotong anggaran pendidikannya, namun untuk Provinsi Sulut malah bertambah,” ucap OD disambut tepuk tangan.

Dia menjelaskan bahwa visi dan misi ODSK sejak awal mengedepankan peningkatan sumber daya manusia dibidang pendidikan.

“Dari tahun ketahun dana pendidikan di Sulut terus bertambah. Itu berarti kepercayaan Pemerintah Pusat masih terjaga. Saat ini Pemerintah Pusat gampang ditemui, mulai dari Presiden dan para menteri. Itu berarti segala bantuan untuk Sulut bisa tercapai,” tukas OD.

Dijelaskannya, sejak SMA/SMK Negeri dipindahkan ke Provinsi, pihaknya langsung menaikkan gaji THL biasa dan guru.

“Guru harus mendapatkan gaji yang banyak agar supaya bisa fokus mengajar. Kalau gajinya kecil pasti akan berdampak pada kualitas pendidikan murid. Dana pendidikan harus ditingkatkan agar kualitas SDM menjadi hebat. Saya minta guru-guru menciptakan SDM yang baik agar dapat bersaing dengan generasi di luar daerah,” tutup Gubernur.

Lanjut Olly, Mutu pendidikan memang dari dulu berkurang dan sekarang ini sudah mulai bagus maka harus ditingkatkan pendidikan agar juga masyarakat bisa merasakannya.

” Mari didik dengan baik generasi masa depan kita agar kemajuan bangsa ini akan lebih bagus dan pemerintah harus hadir ditengah masyarakat maka kepsek harus hadir ditengah masyarakat agar bisa meningkatkan SDM bidang pendidikan,” tutup Olly.

Adapun jumlah penerima DAK Fisik tahun 2019 berjumlah 58 sekolah dengan rincian SMK Negeri dan Swasta 38 sekolah dan SMA Negeri dan Swasta berjumlah 20 sekolah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Liesje GL Punuh MKes dalam laporannya mengatakan, bahwa ini adalah bukti konsistensi kepedulian Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan Olly Dondokambey SE dan Drs Steven OE Kandouw terhadap dunia pendidikan, khususnya bagi siswa SMA, SMK, dan anak kebutuhan khusus.

” Dunia pendidikan khususnya di Sulut patutlah berbangga karena dimasa kepemimpinan Gubernur dan Wagub untuk DAK dalam tiga tahun terakhir mengalami kenaikkan signifikan,” Kata Punuh.

Lanjut Kadis Punuh, dimana pada tahun 2018 mengalami kenaikkan 37 persen dari tahun sebelumnya, lalu diikuti dengan kenaikkan hingga 99 persen ditahun 2019 dengan menyentuh angka Rp 203.635.059.600,- ini membuktikan keseriusan Gubernur dan Wagub dalam meningkatkan kualitas pendidikan dalam gerakan oprasi daerah selesaikan kemiskinan.

” Pada peresmian terakhir DAK Fisik bagi SMA, SMK, SLB di wilayah Minsel – Mitra kali ini yang diresmikan adalah Rehap Sekolah, Laboratorium IPA, laboratorium Komputer, Ruang Perpustakaan, Ruang Kelas Naru, Toilet, Alat Kesenian, Media Pendidikan, Peralatan Pendidikan, Sarana Pendidikan, Sarana Seni Budaya, Alat Praktek Produksi dan Ruang Praktek Siswa.