Gubernur Resmikan Gedung Kuliah Terpadu Polnustar dan 15 Proyek DAK SMA/SMK di Sangihe

by

Sangihe, kabarmanado.com – Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven Kandouw bersama Forkopimda dan jajaran Eselon 2 Pemprov Sulut mengunjungi Kabupaten Kepulauan Sangihe pada Selasa (06/04) pagi.

Dalam kunjungannya, Gubernur Sulut melakukan peresmikan gedung kuliah terpadu Politeknik Nusa Utara di Manganitu dan meresmikan Proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan tahun 2020 bagi SMA dan SMK di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE menyampaikan, Sulut khususnya Kabupaten Kepulauan Sangihe patut bersyukur dengan adanya penambahan gedung dan fasilitas kampus milik Politeknik Nusa Utara yang dibantu oleh Pemerintah Pusat.

“Ini bukti nyata Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo dengan peogramnya membangun mulai dari pinggiran dan saat ini bukti nyata dilakukan peresmian gedung kuliah terpadu proyek SBSN Tahun 2020,”ungkap Olly.

Katanya, fasilitas gedung dan peralatan dibantu Pemerintah Pusat guna mendorong Politeknik ini bisa melahirkan Sumber Daya Manusia yang handal.

” Saat ini perikanan dan pariwisata sangat diandalkan di Sulut khususnya diwilayah kepulauan sangihe,”jelasnya.

Sementara Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto yang hadir saat itu mengatakan, Pemerintah Pusat dalam ha ini Kemendikbud fokus menyiapkan fasilitas pendidikan guna meningkatkan dan melahirkan SDM.

” Ada Rp 7 miliar tahun 2022 akan ditambah di Kampus ini untuk membangun 1 buah gedung dan sudah dianggarkan,”ungkap Dirjen.

Kata dia, kehadiran Politeknik di daerah kepulauan dengan dilengkapi fasilitas akan membantu warga kepulauan meningkatkan SDM.

“Terobosan Gubernur Sulut sangatlah baik dan tinggi dalam membangun daerah ini disegala bidang khususnya di kepulauan,”jelasnya.

Lanjut dia, dirinya sangat salut pada Gubernur karena telah menyiapkan SDM dan fasilitasnya dalam mengembangkan daerah.

Direktur Politeknik Nusa Utara, Prof Dr Frans Yubert menyampaikan, ini adalah Politeknik satu – satunya yang berada di daerah kepulauan dengan mencakupi tiga daerah kepulauan yakni Kabupaten Sangihe, Sitaro dan Talaud.

“Sampai saat ini ada 2.556 lulusan dan ini adalah Kampus dua yang berada di Manganitu dengan luas 6,2 hektare,”ungkapnya.

Kata dia, Peresmian gedung kuliah terpadu proyek Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2020 anggarannya mencapai Rp 58 Miliar lengkap dengan mebeler dan laboratorium.

“Kami menggunakan kontraktor lokal dengan para tukang lokal juga dan mulai penggerjaan pada 20 Maret 2020 dan selesai pada 31 Maret 2021,’kata dia.

Dijelaskannya, nanti akan ada MoU dengan 9 SMK yang ada di Kabupaten sangihe dan semoga dari kampus ini akan melahirkan generasi yang cerdas.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, dr Grace Punuh M.Kes dalam laporannya menyampaikan, ada 15 proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan bagi SMA dan SMK di Kabupaten Sangihe yang saat ini telah diresmikan Gubernur Sulut.

“Dunia pendidikan di Sulut patut berbangga karena Pimpinan kita sangatlah peduli dan dimana dalam 3 tahun terakhir mengalami kenaikkan anggaran proyek DAK yang sangat signifikan,”ungkap Punuh.

Kata Kadis, pada Tahun 2020 DAK Fisik mencapai Rp 203 miliar lebih dimana naik 99 persen dari tahun 2019 lalu.

Sementara Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Gaghana dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah dan Masyarakat Sangihe sangatlah bersyukur dengan adanya bantuan ini yang telah diresmikan guna melahirkan SDM yang handal.

“Penambahan gedung dan fasilitas kampus Politekni ini sangatlah membantu dalam pengembangan dan peningkatan SDM di kabupaten kepulauan sangihe,”tutupnya.

Penanda tanganan puluhan prasasti Proyek pembangunan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2020 bagi SMA/SMK di Kabupaten Sangihe yakni :

1. SMKN 2 Tahuna RPS Perhotelan
2. SMKN Tabukan Tengah RPS Nautika Kapal Penangkap Ikan
3. SMKN Tabukan Selatan RPS Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura
4. SMAN 3 Tahuna Barat Laboratorium Komputer dan Laboratorium Kimia
5. SMAN 1 Tatoareng Laboratorium komputer dan Ruang Kelas Baru
6. SMAN 1 Tabukan Utara Toilet Siswa dan Guru
7. SMAN 1 Manganitu Selatan Ruang Kelas Baru
8. SMAN 1 Kendahe Ruang Kelas Baru dan Laboratorium Komputer
9. SMAN 1 Manganitu Toilet Siswa dan Guru
10. SMAN 1 Tamako Laboratorium Komputer dan Laboratorium Fisika
Dan Toilet Siswa dan Guru.

Kegiatan berbeda juga dilakukan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw di Kepulauan Sangihe yakni melakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) Gubernur bagi puluhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan P3K SMA/SMK/SLB di Kabupaten Sangihe yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Tahuna.

Wagub juga melakuka pemantaun pelaksanaan vaksinasi massal bagi tenaga pendidik yakni guru di SMA/SMK dan SLB di wilayah Sangihe.

Saat itu Wagub didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMA, Arthur Tumipa, Kaban BKD Sulut Femmy Suluh, Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Sangihe, Maximilianus Tielung, Kacabdin Minut – Bitung Ernest Emor, Kacabdin Sitaro, Walter E Muntiaha, Kacabdin Bolsel, Iswan Lupujo, Kacabdin Mitra – Minsel, Max Lengkong dan para pejabat Dikda dan Cabdin lainnya.(Kifli).

tenor