Gubernur Sulut dan Wakil Bupati Minahasa Canangkan Desa Bukit Tinggi, Sebagai Desa Sadar Kerukunan

by

Kakas – Desa Bukit Tinggi Kecamatan Kakas Barat, Kabupaten Minahasa menjadi salah satu Desa di Indonesia sebagai Desa Sadar Kerukunan.

Pada Senin, (2/9/2019) siang dilakukan pencanangan dan diawali dengan deklarasi damai dari pimpinan-pimpinan agama FKUB Minahasa,

Sambutan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey menyampaikan, bahwa kegiatan pencanangan Desa kerukunan dilaksanakan dalam rangka menunjang pemerintah dalam pembangunan nasional di bidang keagamaan di antaranya dengan peningkatan kualitas pelayanan dan pemahaman agama, kehidupan beragama serta peningkatan kerukunan inter dan antar umat beragama.

Penentuan Desa Bukit Tinggi sebagai Desa Kerukunan di Kabupaten Minahasa sudah melalui musyawarah dan mufakat antara seluruh pihak yang berwenang atas pembentukan kampung kerukunan diantara FKUB kabupaten minahasa dan tentunya berkoordinasi dengan kementrian agama.

Dondokambey juga menyampaikan, dengan pencanangan ini tentu diharapkan mampu mendorong pemerintah Desa juga semua tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, instansi terkait lainnya untuk tetap menjaga sinergitas dalam menjaga dan merawat kerukunan yang sudah terjalin baik selama ini serta menjaga sinergitas dan sinkronisasi pelaksanaan program pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Desa dengan program kerja pemerintah pusat, pemerintah provinsi sulawesi utara dan pemerintah Kabupaten Minahasa.

Usai pencanangan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey didampingi Wakil Bupati Minahasa dan FKUB Minahasa melakukan Dialog bersama masyarakat desa Bukit Tinggi Kecamatan Kakas Barat.

Dalam dialog tersebut Gubernur menyampaikan, kegiatan yang sudah kita canangkan tadi bersama Kanwil agama, itu betul betul muncul dari hati nurani kita, untuk kebersamaan kita dalam kehidupan kita negara kesatuan Republik Indonesia, lebih khususnya di kabupaten minahasa. Ini satu hal yang menjadi kebanggaan kita karena sudah dibicarakan seluruh masyarakat dari sabang sampai merauke, bagaimana proses provinsi sulawesi utara menjadi laboratorium kerukunan bagi kita semua.

Tentunya ini harus kita jaga terus jangan sampai kita terbuai dengan hasutan hasutan yang dapat memecahkan kerukunan kita ini. Kita jaga terus kebersamaan ini dan harus kita peraktekan dalam kehidupan kita sebagai umat manusia, dan juga tidak ada batas atau sekat sekat yang membedaka agama, suku dan ras, sehingga kita bisa membawa kemajuan kedepan bagi desa bukit tinggi.

“Serta harapan kita mari kita jaga bersama agar semua bisa tuntas dan jika ada permasalahan permasalahan mari kita sama sama selesaikan dengan cara kekeluargaan agar tidak memicu hal hal yang tidak kita inginkan,” ucap Gubernur Sulut.

Pada kesempatan itu Gubernur juga memberikan bantuan kepada 6 rumah ibadah yang ada di Desa Bukit Tinggi masing masing Rp. 25 juta rupiah.

Turut Hadir Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara H.ABD, Rasyid, M.Ag, Kepala Kantor Kementrian Agama Minahasa Sonya Mongkau, SE. Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung,SH. PLT Sekdakab Frits Muntu,S.Sos Ketua FKUB Minahasa Pdt. Evert Tangel, M.Pdk. Forkopimka Kecamatan Kakas Barat, Camat Kakas Barat Jeanne Sumendap, Sp. Hukum tua desa bukit tinggi, Pdm. Jerry Kawung. FKUB Minahasa, Jajaran pemerintah kabupaten Minahasa.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Roni Sepang

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.