Gubernur Sulut Terima Penghargaan Kihajar 2018

by
Gubernur Sulut Olly Dondokambey menerima Penghargaan Anugerah KIHAJAR 2018 di Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Manado – Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI kembali menggelar Malam Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar) 2018 pada Jumat (12/10/2018) di Sultan Hotel Jakarta.

Penghargaan diberikan kepada para kepala daerah yang telah menunjukkan kepedulian dan komitmen terhadap pengembangan Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) untuk dunia pendidikan dan kebudayaan.

Mendikbud Muhadjir Effendy menyerahkan anugerah Kihajar kepada 16 kepala daerah, yang terdiri dari lima gubernur dan sebelas wali kota/bupati.

Selain itu, anugerah Kihajar juga diberikan kepada para pemenang Kuis Kita Harus Belajar (Kihajar), pemenang Festival Video Edukasi dan Lomba Mobile Kihajar, serta penghargaan Radio Peduli Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes yang mendampingi Gubernur Sulut, Olly Dondokambey saat menerima penghargaan Kihajar di Jakarta mengatakan, 2017 menjadi tahun yang ke-7 Kemendikbud memberikan penghargaan Kihajar.

“Penghargaan ini adalah apresiasi yang tinggi kepada pemerintahan kabupaten dan kota serta provinsi atas segala upayanya dalam membuat kebijakan, mengembangkan, serta mengimplementasikan TIK,” ujar Punuh.

Lanjut Punuh, anugerah Kihajar untuk gubernur, bupati dan wali kota diberikan sebagai penghargaan kepada pemerintah daerah yang berprestasi dalam pendayagunaan TIK untuk pendidikan. “Penganugerahan didahului pendaftaran dan pelengkapan berkas oleh Dinas Pendidikan provinsi, kabupaten atau kota pada bulan Agustus hingga awal September 2018,” jelasnya melalui pesan WhatsApp.

Kata Punuh, proses kemudian berlanjut pada penilaian yang dilakukan pada pertengahan September hingga awal bulan Oktober.

Lanjutnya, tim juri yang menilai terdiri dari praktisi TIK, akademisi, perwakilan media, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta internal Kemendikbud.

Punuh mengatakan, Gubernur Sulut diberikan penghargaan Kihajar tingkat madya yang sebelumnya tahun 2017 pernah mendapatkan penghargaan tingkat pertama.

 

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.