Guru Honor di Manado Diberi Honor Rp400 Ribu per Bulan

by
Kepala SMA Negeri 6 Manado, Sammy Prang

Manado – Masih banyak guru honorer yang  saat ini masih menerima upah di bawah layak hidup. Pengabdian mereka tidak sebanding dengan kerja yang mereka hadapi di sekolah.

Wilver Gunther adalah salah satu Guru Honorer di SMA Negeri  6 Manado yang sampai saat ini masih merasakan hal tersebut.

Dia mengatakan, pengabdiannya adalah tulus untuk membangun  dunia pendidikan dan membantu siswa serta sekolah. “Saya menjadi guru honorer matematika sudah 2 tahun dan kalau hanya menginkan gaji besar saya sudah beralih profesi,” kata dia.

Dia mengaku, selama seminggu ada 27 jam waktunya digunakan untuk mengajar. “Memang gaji saya tidaklah cukup untuk membiayai kebutuhannya per bulan,” ungkapnya.

Kepala SMA Negeri 6 Manado, Sammy Prang mengakui, gurunya tersebut sampai saat ini belum diangkat ebagai Aparat Sipil Negara (ASN) ataupun menerima SK Gubernur untuk mendapatkan gaji setara Upah Minimum Provinsi (UMP). “Sejak tahun lalu saya sebagai kepala sekolah sudah mengusulkan tujuh Honorer untuk mendapatkan SK Gubernur termasuk guru tersebut,  tetapi sampai saat ini mereka belum juga diakomodir,” kata Sammy.

Sammy menambahkan, dengan kemampuan sekolah yang sampai saat ini belum bisa membiayai gaji sesuai UMP kepada guru honornya, maka gaji mereka hanya bisa mampu dibayar Rp 400 ribu per bulan. “Saya sangat berharap para guru honorer tersebut bisa diangkat dengan mendapatkan SK Gubernur agar kehidupan sebulan mereka bisa terpenuhi,” ungkap Sammy.

 

Penulis: Zulkifli Madina

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.